Emiten

Semester I 2016, Laba CIMB Niaga Rp736 Miliar

iVooxid, Jakarta – PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatatkan laba bersih konsolidasi per semester I 2016 sebesar Rp736 miliar atau tumbuh 318,2 persen year on year (yoy) pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (29/7/2016), kenaikan laba bersih tersebut dikarenakan peningkatan pendapatan bunga bersih menjadi Rp5,81 triliun dan peningkatan pendapatan nonbunga menjadi Rp1,46 triliun atau tumbuh 4,8 persen dan 24,1 persen dari pencapaian pada periode yang sama tahun lalu, serta penurunan pada biaya pencadangan sebesar 7,9 persen (yoy).

“Di tengah tantangan situasi usaha, sejumlah bisnis unggulan kami pada semester pertama tahun 2016 menunjukkan peningkatan,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan.

Dia menjelaskan pertumbuhan NII sebesar 4,8 persen (yoy) dicapai atas penurunan pada beban bunga, sedangkan peningkatan pendapatan nonbunga sebesar 24,1 persen (yoy) didukung dengan membaiknya usaha di “treasury” dan pasar modal.

“Kami juga terus mengontrol biaya operasional yang berhasil turun 1,2 persen year on year. Selain itu, biaya pencadangan untuk kredit bermasalah juga secara bertahap membaik,” ujar dia.

Jumlah kredit bruto yang disalurkan tercatat menurun jadi Rp175,34 triliun (yoy) per 30 Juni 2016 seiring dengan strategi CIMB Niaga yang menerapkan pertumbuhan konservatif.

Walaupun terjadi perlambatan pertumbuhan kredit CIMB Niaga, kata Tigor, sejumlah segmen bisnis mencatatkan performa yang baik.

Personal dan multipurpose loans tercatat mengalami kenaikan sebesar 9,2 persen (yoy) melalui produk unggulan X-tra Dana, sedangkan segmen kartu kredit menghasilkan pertumbuhan saldo kredit sebesar 25,5 persen (yoy) menjadi Rp7,18 triliun.

Pada akhir Juni 2016, jumlah kartu kredit CIMB Niaga yang beredar mencapai lebih dari 2,1 juta, meningkat 13,4% dibandingkan tahun lalu. (ant)

LEAVE A REPLY