Rencana Bolsonaro Pindahkan Kedubes ke Jerusalem Ancam Kepentingan Brasil di Negara Muslim

IVOOX.id, Jakarta – Wacana yang dikembangkan presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, untuk memindahkan kedubes dari Tel Aviv ke Jerusalem mempertaruhkan kepentingan dagang Brasil di negara-negara Muslim.

Brasil merupakan eksportir daging halal terbesar di dunia dengan salah satu pasar utama negara-negara berpenduduk muslim di Timur Tengah.

“Reaksi yang akan muncul bukan saja dari satu negara, tetapi dari seluruh dunia muslim. Kami berharap Brasil rasional dan tidak mengonfrontasi komunitas muslim,” ujar sumber di Kemenlu Brasil kepada Reuters.

Pemindahan kedubes di Israel merupakan salah satu kebijakan kontroversial Bolsonaro yang dijual saat kampanye. Ia yang mengagumi Presiden AS Donald Trump memandang saatnya Brasil mengakui kedaulatan Israel atas Jerusalem.

Pihak yang senang dengan Bolsonaro tentunya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang ia sebut teman Israel. Namun, setelah Mesir membatalkan kunjungan diplomat Brasil dan sejumlah pebisnis pekan ini, Bolsonaro menyatakan keputusan soal kedubes Israel tidak bersifat final.

Perubahan sikap Bolsonaro juga terlihat soal China. Ia tak lagi bicara keras soal China setelah diingatkan bahwa negara itu adalah mitra dagang terbesar Brasil.