Puluhan Juta Jemaah Haji Wukuf di Arafah Hari Ini

iVOOXid, Jakarta – Pada hari ini, Kamis, 31 Agustus 2017, atau tanggal 9 Zulhijah 1438 H, puluhan juta jemaah haji dari seluruh penjuru dunia berkumpul untuk menunaikan ibadah wukuf di Arafah, yang selanjutnya akan bergerak ke Muzdhalifah dan ke Mina.

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) siap untuk mengantarkan jemaah Haji Indonesia untuk menunaikan rukun dan wajib haji di Arafah, Muzdalifah dan juga Mina.

Lukman Hakim Saifuddin juga memberikan pesan khusus untuk jemaah haji yang berasal dari Indonesia, yaitu ada dua ciri haji yang mabrur, yakni ith’am ath-tha’am dan ifsa’us-salam, memberi makan dan menebarkan salam. Memberi makan merupakan salah satu simbol kepedulian, kita akan dilatih untuk lebih memerhatikan kepentingan sekitar, bukan hanya kepentingan diri sendiri. Kepedulian antara sesama adalah ciri dari kemabruran.

Selanjutnya menurut Menag, menebarkan salam adalah merupakan simbol perdamaian antar sesama manusia. Menag berharap kepada seluruh jamaah Haji Indonesia akan menjadi haji mabrur ketika sudah kembali ke Indonesia, dan semakin meningkatkan rasa sosialisasi terhadap sesama, serta menjadi contoh yang baik di lingkungan masing-masing.

“Semoga semua lancar wukufnya, karena tidak ada keinginan setiap jemaah selain mendapatkan kemabruran,” kata Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin dilansir media center haji Kemenag, Kamis, 31 Agustus 2017.

Pemerintah Arab Saudi telah membuat jadwal larangan melontar jumrah untuk mengatur pergerakan dan juga kepadatan ke lokasi jumrah (jamaraat). Menag berharap para jamaah Haji Indonesia dapat mematuhi aturan tersebut agar seluruh kegiatan dapat berjalan secara lancar dan tertib.

“Jemaah sebelum berangkat ke jamarat, harus memperhatikan sinyal lampu, merah atau hijau,” kata Menag.

Indonesia diketahui menjadi negara dengan pengirim jemaah haji terbanyak di dunia, yaitu 221.000 jemaah. Kemudian diikuti oleh 4 Negara lainnya seperti Pakistan (179.000 jemaah), India (170.000 jemaah), Bangladesh (128.000 jemaah), Nigeria (95.000 jemaah).

Jemaah asal Indonesia terkenal tertib, rapi, dan sopan. Inilah yang membuat bangga Indonesia selain menjadi Negara yang paling banyak mengirimkan jemaah haji terbanyak di dunia.