May 1, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Persiapan Layanan Haji 95% Rampung, Ini Rinciannya !

IVOOX.ID, Jakarta - Musim haji sudah didepan mata, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan layanan buat jemaah Indonesia di Arab Saudi pada musim haji 1439H/2018M sudah rampung 95%. Ini rinciannya !


"Secara keseluruhan, layanan akomodasi, transportasi, dan konsumsi sudah siap 90-95%. Tinggal finalisasi kontrak beberapa hotel di Madinah dan penyelesaian kontrak katering," tutur Menag. 


Menag Lukman bertolak ke Arab Saudi pada Kamis (07/06) lalu. Menag langsung memimpin rapat bersama jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah,  tim penyedia layanan,  serta Konjen RI di Jeddah dan tim Kantor Urusan Haji (KUH). Setelah itu,  Menag bertolak ke Madinah lalu ke Makkah untuk mengecek langsung kesiapan layanan untuk jemaah. 


"Alhamdulillah, checking persiapan akhir Haji 2018 berjalan lancar. Bersyukur bahwa hotel-hotel di Madinah dan Makkah, transportasi, dan katering telah siap," jelas Menag dalam rilis yang diterima ivoox.id.


Tahun ini telah siap 165 hotel di Makkah yang tersebar di tujuh wilayah,  yaitu: Aziziah (19 hotel), Mahbas Jin (16), Misfalah (23), Jarwal (6), Syisyah (57), Raudhah (29), dan Rei Bakhsy (15). 109 hotel di antaranya adalah hotel yang dinilai oleh jemaah memberikan layanan yang baik pada musim haji tahun lalu.


Di Madinah,  Kemenag menyewa 107 hotel yang semuanya berada di wilayah Markaziah. Sebanyak 32 hotel bahkan dikontrak satu musim penuh, sedang 75 hotel disewa periodik.


Kontrak kerjasama dengan tujuh perusahaan yang akan melayani transportasi antar kota perhajian (Jeddah,  Makkah,  dan Madinah) sudah dituntaskan. Ketujuh perusahaan itu adalah Saptco,  Rawahel,  Rabitat,  Dallah,  Al Masa,  Al Qaid,  dan Hafil. Moda transportasi ini paling tua buatan 2013. Semua sudah dilengkapi AC,  kulkas, toilet,  dan kursi 2 - 2. Adapun khusus untuk bus shalawat, Kemenag melakukan kontrak kerjasama dengan Saptco dan Rawahel.


Pemerintah ingin memastikan layanan haji tahun ini benar-benar maksimal. Pengerjaanya berdasarkan evaluasi dari kekurangan yang terjadi ditahun sebelumnya.

0 comments

    Leave a Reply