Perjuangan Menteri Susi Raih Ijazah SMA, Layak Jadi Inspirasi

IVOOX.id, Jakarta - Keberhasilan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih ijazah setara SMA layak untuk menjadi inspirasi bagi bangsa.

Menteri Susi Pudjiastuti Akhirnya Mendapat Ijazah Setara SMA Jurusan IPS/tribunnews.com

IVOOX.id, Jakarta – Keberhasilan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih ijazah setara SMA layak untuk menjadi inspirasi bagi bangsa.

“Saya kira langkah tersebut patut diapresiasi dan jadi inspirasi bagi masyarakat kita,” kata Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar ketika dihubungi Antara di Jakarta, Sabtu  (14/7)pagi.

Menurut Zulficar, langkah itu layak menjadi apresiasi karena meski diketahui seorang menteri sangat luar biasa sibuk, tetapi Menteri Susi tetap egaliter dan melewati proses tahapan yang ada serta selalu punya semangat kuat untuk proses pendidikan.

Sementara itu, Ketua Harian Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) Moh Abdi Suhufan  menilai Menteri  Susi dinilai memiliki kepedulian tinggi terkait dengan pendidikan yang terindikasi dari perjuangannya untuk lulus Paket C dan meraih ijazah setara SMA.

“(Keberhasilan Menteri Susi) bagus dan patut diapresiasi. Artinya ibu Susi punya kepedulian yang tinggi terhadap pentingnya pendidikan,” kata Moh Abdi Suhufan.

Menurut Abdi, hal tersebut juga paling tidak mengurangi beban psikologis yang sebelumnya selama ini dikenal sebagai menteri yang hanya tamat  SMP. Prestasi tersebut, lanjutnya, diharapkan bisa menambah kepercayaan diri beliau dalam memimpin KKP.

Sebagaimana diwartakan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ternyata telah berhasil meraih ijazah setara SMA setelah lulus ujian Paket C yang diikuti oleh dirinya di satu SMA negeri di daerah domisilinya, Pangandaran, Jawa Barat, 11-13 Mei 2018.

Asisten Pribadi Menteri Susi, Fika Fawzia, dalam akun sosial media Instagram sebagaimana dipantau, Jumat malam, menyatakan bahwa tepatnya pada tanggal 7 Juni 2018, Menteri Susi dinyatakan lulus dan pada Jumat (13/7) kemarin baru menerima ijazah Paket C yang tertera namanya.