Pengamat: “Network Sharing” Solusi Efisiensi Frekuensi Telekomunikasi

iVooxid, Jakarta – Industri telekomunikasi nasional dinilai membutuhkan skema berbagi jaringan aktif (network sharing), selain untuk efisiensi frekuensi dalam pemerataan layanan jaringan pita lebar (broadband), juga dapat memacu produktivitas ekonomi.

“‘Network sharing’ bisa mendorong terciptanya kompetisi yang sehat dengan dua manfaat, yaitu peningkatan kualitas layanan dan harga yang relatif lebih murah,” kata pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia Riant Nugroho di Jakarta, Jumat (22/7/2016).

Menurut Riant, isu utama dari implementasi “network sharing” adalah win-win solution di antara operator jaringan telekomunikasi. Dalam hal ini Menkominfo perlu menjadikan kebijakan ini sebagai agenda kementerian.

“Kemenkominfo sebagai regulator, juga harus bertindak menjadi fasilitator dan mediator sehingga opsi ini bisa mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok daerah di luar Jawa secara efisien,” kata Riant.

Dampak langsung yang dapat dirasakan masyarakat, kata dia, berupa tarif layanan telekomunikasi yang lebih murah karena ada keleluasaan sebagai hasil kompetisi pelayanan.

Dengan keleluasaan tersebut, masyarakat di luar Jawa bisa memanfaatkan layanan telekomunikasi untuk meningkatkan produktivitas di berbagai bidang.

Seperti diketahui, pemerintah tengah melakukan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi dan PP No. 53/2000 tentang Frekuensi dan Orbit Satelit.

Revisi dari kedua aturan ini diyakini banyak pihak akan mengubah lanskap dari industri telekomunikasi karena munculnya model bisnis Mobile Virtual Network Operator (MVNO) dan berbagi jaringan aktif.

Dalam praktik di dunia internasional, aktif “network sharing” adalah mekanisme penggunaan bersama infrastruktur aktif telekomunikasi antaroperator telekomunikasi.

Ada lima model “network sharing”, yakni CME Sharing, multioperator radio access network (MORAN), multioperator core network (MOCN), roaming, dan mobile virtual network operator (MVNO).

Di industri seluler nasional, dua operator yang sudah mengadopsi “network sharing” untuk 4G adalah Indosat Ooredoo dan XL Axiata dengan konsep MORAN. MORAN adalah operator bisa berbagi BTS, tetapi tetap menggunakan spektrum masing-masing. [ant]