Pelindo III Setor Keuntungan Rp1,8 Triliun ke Negara

Kapal-kapal Tongkang di Sungai Barito (Foto: Istimewa)

IVOOX.id, Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menjalankan pemenuhan kewajiban hasil dari keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar bulan April dengan menyerahkan keuntungan (dividen) untuk tahun 2017 kepada negara sebesar Rp1,8 triliun.

Setoran tahun ini merupakan jumlah tertinggi yang mampu dicetakkan perseroan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Finance Director Pelindo III, Saefudin Noer dalam keterangan resminya, seperti diberitakan Rabu (16/5/2018).

Saefudin juga menerangkan, besaran setoran kepada negara ini tak dapat dilepaskan dari tingginya laba yang dibukukan Pelindo III sepanjang tahun 2017 yang mencapai Rp2,03 triliun.

Dia menyatakan, Pelindo III telah melakukan pembayaran dividen kepada negara pada awal Mei 2018 sebesar Rp441 miliar.

Selain itu, perseroan juga menyetor pajak sebanyak Rp1,2 triliun dan Rp160 miliar dalam bentuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Langkah efisiensi berkesinambungan ini menyebabkan pertumbuhan beban usahakami lebih rendah dibandingkan pendapatan yang kami terima. Hingga kuartal I tahun 2018, laba usaha Pelindo III mencapai 913 miliar,” ucap Saefudin.

Dia menambahkan, Pelindo III juga telah bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mengimplementasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di wilayah pelabuhan kelolaan Pelindo III.

“Melalui kerja sama ini, Pelindo III dan BRI akan menerbitkan kartu akses pelabuhan e-Port card yang disematkan dalam kartu pembayaran elektronik BRI,” pungkas dia. (ava)