Paparan Sinar Matahari ke Ruangan Kantor Berpengaruh pada Kesehatan

IVOOX.id, Jakarta – Sinar matahari benar-benar bisa membunuh bakteri, terutama bakteri yang biasa hidup di dalam ruangan seperti kamar dan kantor. Penelitian yang dilakukan Dr. Ashkaan Fahimipour dari University of Oregon menyebut paparan sinar matahari ke dalam ruangan kantor dapat mempengaruhi kesehatan para karyawan.

Semakin besar sinar matahari yang masuk, semakin rendah jumlah bakteri yang ada di ruangan. “Saat mendesain gedung, sudut jendela dan paparan sinar matahari harus diperhitungkan demi memangkas jumlah bakteri yang bisa merugikan kesehatan,” ujar Fahimipour dikutip dari ABC News.

Peneliti mengungkap bahwa sekitar 12 persen bakteri bisa hidup dan berkembang biak di ruangan yang gelap dan dingin. Namun jika ruangan tersebut mendapat paparan sinar matahari, maka jumlah bakteri yang bisa hidup di dalam turun hingga lebih dari 50 persen.

Sayangnya, penelitian Fahimipour tidak menyebutkan dengan jelas bakteri apa saja yang mati begitu terpapar sinar matahari, dan bakteri mana yang kuat hidup di ruangan kantor dalam waktu lama. Meski begitu, memiliki ruangan kantor yang kaya sinar matahari tetap memberikan manfaat. Sinar matahari diketahui dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Paparan sinar matahari juga diketahui membantu membuat mood tetap ceria, mengurangi risiko ngantuk di kantor, dan juga membantu kita mengolah vitamin D.