Nakagami Tercepat Hari Kedua Tes Pramusim MotoGP di Jerez

 

IVOOX.id, Jerez – Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) tampil impresif sebagai pebalap tercepat pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Jerez, Kamis (29/11) waktu setempat.

Pembalap asal Jepang itu mencatatkan waktu tercepat 1:37,945 dan menyelesaikan 66 lap dengan motor Honda 2018, demikian informasi dari MotoGP.com pada Jumat (30/11) pagi.

Juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez (Repsol Honda Team) membayangi Nakagami di peringkat dua dengan selisih 0,025 detik diikuti oleh Maverick Vinales (Yamaha Factory Racing) di peringkat tiga.

Marquez mengatakan bahwa timnya sedang mencoba sejumlah perbaikan dan juga ban yang berbeda. Mendapati laporan bagus dan buruk, Marquez, yang menyelesaikan 56 lap hari itu, mengaku puas dengan kemajuan mesin motornya dan akan fokus mengembangkan sasis.

Rekan satu tim Marquez, Jorge Lorenzo, yang melahap 64 lap berada di posisi empat atau 0,039 detik lebih lambat dari catatan Vinales.  Vinales menjadi pebalap Yamaha tercepat di hari kedua tes dengan menyelesaikan 78 lap. Pebalap Spanyol itu cukup puas dengan performa motor YZR-M1 2019.

Dia dan rekan satu tim, Valentino Rossi, menguji dua spesifikasi mesin yang berbeda. Hasil yang didapat Vinales memberikan kejelasan mesin mana yang harus Yamaha pakai.

“Secara umum kami memiliki motor yang sangat kompetitif,” kata Vinales, yang mengaku mendapati catatan waktu lap yang konsisten dengan motornya.

Sementara itu Rossi kurang puas dengan mesin yang disediakan Yamaha setelah hari pertama tes. Pada hari kedua tes, Rossi menyelesaikan 67 lap dan finis di peringkat 11 dengan waktu tercepat 1:38,596 atau selisih 0,651 detik dari Nakagami.

Walaupun Yamaha sudah mendapati mesin mana yang akan mereka gunakan, tapi “The Doctor” bersikeras bahwa tim mereka perlu mencari mesin lainnya yang lebih baik jika mereka ingin menjadi penantang utama di musim depan.

Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) finis keenam dengan selisih 0,173 detik dari Nakagami, sementara rekan satu tim Fabio Quartararo berada di posisi ke-12 di belakang Rossi.

Di garasi Ducati, tim asal Italia itu kali ini tidak fokus ke pengembangan mesin setelah hasil bagus di Valencia, kata Andrea Dovizioso. Fokus Ducati di hari kedua antara lain soal modifikasi tempat duduk motor.

Dovizioso menyelesaikan 44 lap dan finis P8 dengan waktu tercepat 1:38,292. Sementara rekan satu timnya, Danilo Petrucci finis lebih baik di posisi ke-5 dengan 1:38,109 dan menyelesaikan 68 lap.

Dua pebalap Ducati lainnya dari tim independen Alma Pramac Racing, Jack Miller finis di posisi ke-7 (1:38,207) dan Francesco Bagnaia di posisi ke-9 (1:38,333). Tito Rabat (Reale Avintia Racing) yang juga menggunakan motor Ducati menyelesaikan 60 lap dan finis posisi ke-13 (1:38,876) sedangkan rekan satu timnya Karel Abraham di posisi ke-17 (1:39,744).

Untuk Suzuki, Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) menguji mesin baru GSX-RR dengan kombinasi sasis bersama pebalap uji Sylvain Guintoli. Rins menyelesaikan 63 lap dan finis posisi ke-0 (1:38,522) selisih 0,577 detik dari Nakagami, sementara rekan satu tim Rins, Joan Mir, yang mengalami kecelakaan di hari pertama, menyelesaikan 55 lap untuk finis di posisi ke-14 lebih lambat satu detik dari waktu Nakagami.

Juara dunia Moto3 2017 itu terus mengalami kemajuan dalam adaptasi dengan mesin Suzuki dan sasis baru pada Kamis. Tes di Jerez kurang maksimal bagi Aprilia Racing Team Gresini setelah Aleix Espargaro tidak bisa turun di hari pertama karena sakit, di juga tidak turun di sesi pagi hari kedua dan hanya menyelesaikan 11 lap.

Kemudian setelah mengalami kecelakaan di hari pertama, Andrea Iannone turun di hari kedua dengan kaki yang cedera selama 36 lap dan finis posisi ke-18. Pebalap uji Aprilia Bradley Smith menjalani paling banyak porsi tes dengan melahap 59 lap pada Kamis bersama Matteo Baiocco yang menyelesaikan 48 lap.

Di KTM, Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) kembali menjadi pebalap KTM tercepat dengan waktu 1:39,144 setelah 60 lap di posisi ke-15. KTM melanjutkan pengembangan sejumlah suku cadang yang berbeda untuk motor RC16.

Johann Zarco mendapat grip yang lebih baik setelah mengganti mesin KTMnya untuk finis posisi ke-7. Pebalap Prancis itu mengalami perkembangan dalam proses adaptasi dengan motor KTM, setelah musim lalu membalap dengan Yamaha. Sedangkan KTM Tech 3 Racing, memiliki Hafizh Syahrin (1:40,520) di posisi 23 dan pebalap rookie Miguel Oliveira (1:40,577) di posisi 24.

Tes di pramusim di Jerez pun usai. Tim dan para pebalap akan melanjutkan tes pramusim pada Februari di Sepang, Malaysia setelah istirahat musim dingin. (luthfi ardi)