Michelin Bakal Coba Ban Baru di MotoGP Austria

 

IVOOX.id, Spielberg – Pemasok ban Michelin bakal mencoba ban baru untuk digunakan para pembalap MotoGP Austria yang akan berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Jumat (10/8). Pasalnya, Sirkuit Red Bull Ring bukan lintasan yang mudah bagi pembalap.

Setidaknya ada sembilan tikungan yang bakal menguras tenaga pembalap. Lebih lanjut, trek Sirkuit Red Bull Ring akan menampilkan balapan dengan akselerasi cepat dan pengereman keras yang dikombinasikan dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, balapan akhir pekan ini benar-benar menguji ban. Sehingga Michelin selaku pemasok ban MotoGP wajib menyiapkan ban khusus menghadapi suhu panas di lintasan sepanjang 4,3 km.

Perusahaan ban asal Prancis pun lantas merancang untuk mengatasi sejumlah masalah yang bakal dihadapi pembalap. Adapun solusi yang diberikan Michelin yakni menyediakan ban depan dengan konstruksi asimetris (lebih keras di sisi kanan) sementara ban belakang akan simetris seperti pada ban basah.

“The Red Bull Ring adalah salah satu trek di kalender yang menciptakan panas tertinggi dalam ban. Ini juga sirkuit tercepat dan salah satu tuntutan pendekatan yang berbeda. Kami menggunakan trik yang dirancang untuk mengontrol suhu, sehingga tidak terlalu panas dan tetap memberikan kinerja optimal selama balapan,” kata manajer Michelin, Piero Taramasso dikutip dari GPOne.

“Meskipun treknya sangat abrasif, kami memiliki senyawa yang cocok untuk permukaan dan dalam dua kunjungan sebelumnya kami sangat senang dengan bagaimana ban telah berperilaku di seluruh balapan. Kami yakin bahwa akan terjadi pada tahun ini dan kita akan memiliki balapan yang baik seperti yang ada di tahun 2017,” imbuh Taramasso. (luthfi ardi)