MNC Sekuritas

Menjelang Lelang Besok, Harga SUN Hari Ini Cenderung Melemah

IVOOX.id, Jakarta – MNC Sekuritas memperkirakan bahwa harga surat utang negara atau SUN pada perdagangan hari ini, Senin (13/8) masih akan bergerak bervariasi dengan peluang mengalami penurunan jelang lelang SUN pada esok hari.

“Namun, penurunan harga SUN akan dibatasi oleh faktor eksternal, dimana imbal hasil surat utang global pada perdagangan kemarin cenderung mengalami penurunan,” kata I Made Adi Saputra Kepala Riset Fixed Income MNC Sekuritas dalam riset harian, Senin pagi ini.

Sejumlah seri yang direkomendasikan Made untuk ditransaksikan hari ini yakni seri FR0073, FR0058, FR0074, FR0065, FR0068, FR0075, dan FR0067.

Sementara itu, pada perdagangan Jumat pekan lalu, imbal hasil atau yield SUN bergerak bervariasi jelang pelaksanaan lelang penjualan SUN pekan ini.

Penguatan nilai tukar dolar Amerika terhadap mata uang utama dunia pada perdagangan di akhir pekan yang mengalami penguatan mendorong mata uang regional mengalami pelemahan termasuk Indonesia. Adanya lelang penjualan SUN pada pekan ini mendorong imbal hasil SUN cenderung mengalami kenaikan.

Perubahan tingkat imbal hasil berkisar antara 1 8 bps. Imbal hasil SUN tenor pendek (1-4 tahun) naik berkisar antara 1 hingga 3 bps dengan harga turun hingga sebesar 10 bps.

“Adapun secara teknikal, harga SUN pada keseluruhan tenor terlihat mengalami tren sideways ditengah harga SUN yang berada di area jenuh jual,” katanya.