Menag Pimpin Doa untuk Guru Korban Musibah

IVOOX.id, Surabaya - Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa bersama untuk guru-guru di Indonesia, termasuk tenaga pendidik yang menjadi korban bencana alam di beberapa daerah.

IVOOX.id, Surabaya – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memimpin doa bersama untuk guru-guru di Indonesia, termasuk tenaga pendidik yang menjadi korban bencana alam di beberapa daerah.

“Mari berdoa untuk para guru yang telah gugur mendahului. Semoga diampuni segala salah dan khilaf, serta pahalanya diterima Allah SWT,” ujarnya di sela acara Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi 2018 di Surabaya, Minggu  (25/11), seperti dilansir Antara

Ia mengaku saat ini bangsa Indonesia masih dalam suasana berduka akibat peristiwa gempa bumi di Lombok, kemudian di Palu, Donggala, Sigi, serta beberapa daerah lain yang tertimpa bencana, bahkan tidak sedikit guru menjadi korbannya.

Kementerian Agama, kata dia, telah membentuk tim tanggap darurat berupa satuan tugas khusus untuk meringankan beban guru-guru di daerah bencana.

Berdasarkan catatannya, terdapat 456 guru maupun tenaga pendidik di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengungsi, lalu di Sulawesi Tengah ada 1.426 guru menjadi korban, yang sebagian besar harus kehilangan harta, bahkan meninggal dunia.

Hasil laporan Satgas Kemenag, hingga pekan lalu terkumpul dana Rp17,6 miliar yang disumbangkan untuk korban bencana di Lombok dan Rp 14,5 miliar yang diperuntukkan bagi korban di Sulawesi Tengah.

“Sebagian besar ASN di Kemenag menyumbangkan hartanya, termasuk guru-guru. Ini yang membuat saya ikut bangga karena ikatan tak hanya sebagai saudara, tapi sesama manusia terasa sangat kental. Inilah modal kekuatan sehingga guru-guru memang tidak sendirian,” ucapnya.