Melihat Aksi Pasukan Elite TNI dalam film Merah Putih Memanggil

Salah satu adegan dalam film Merah Putih Memanggil - (Foto: Instagram/merahputihmemanggil)

ivooxid, Jakarta – Dunia perfilman Indonesia semakin marak dan juga beragam, salah satunya adalah dibuatnya film tentang pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berjudul Merah Putih Memanggil.

 

Film yang menceritakan tentang operasi pembebasan WNI di sebuah kapal pesiar yang disandera oleh teroris ini resmi tayang perdana di bioskop pada Kamis, 5 Oktober 2017 bertepatan dengan HUT TNI Ke-72.

 

Film ini merupakan salah satu karya anak bangsa, seorang purnawirawan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), yaitu Tiopan Bernhard Silalahi atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan TB Silalahi.

TB Silalahi yang juga mantan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara menulis sendiri cerita film Merah Putih Memanggil. Dan disutradarai oleh Mirwan Suwarso, diproduseri oleh Jose S Karjadi.

 

Film ini diperankan langsung oleh para prajurit TNI aktif, dan juga ada sederet seleb papan atas Indonesia seperti Maruli Tampubolon, Mentari De Marelle, Verdy Bhawanta, Aryo Wahab, Restu Sinaga, dan Prisia Nasution.

 

Prajurit TNI aktif yang ikut serta dalam film ini adalah pasukan Kopassus, kopaska, marinir, hingga TNI Angkatan Udara (TNI AU). Sementara alutsista yang dikerahkan antara lain berupa Kapal Selam KRI Nanggala dan Skuadron Pesawat Tempur Sukhoi SU-30. Adapula senjata AX-308, SIG Sauer P 226, Minimi Para Machine Gun, alat selam Ampora milik Kopaska, dan teropong Leica Vector akan digunakan dalam adegan film.

 

Peresmian film Merah Putih Memanggil ini diresmikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, beliau mengatakan film ini digagas dengan tujuan ingin menunjukkan TNI memiliki kemampuan sangat tinggi melakukan operasi militer di daerah mana pun. Sehingga masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir karena TNI siap melindungi seluruh Warga Negara Indonesia.

 

Selama pembuatan film, para pemeran menghabiskan waktu 49 hari di hutan. Pemeran juga mengenakan atribut asli, mengangkat beban, dan melakukan aktivitas fisik sungguhan.