Mahathir Darah Segar bagi Asean

IVOOX.id, Jakarta – Anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi yang juga Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR memberikan tanggapan terkait dengan terpilihnya Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri Malaysia serta situasi terkini di Yerusalem.

“Kami menyampaikan selamat atas terpilih dan dilantiknya Doktor Mahathir Mohammad sebagai Perdana Menteri Malaysia,” kata Arwani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Harapannya, kata dia, hubungan negara sahabat antara Indonesia dan Malaysia dapat lebih terajut lebih harmoni dan saling menguntungkan.

Doktor Mahathir Mohammad, menurut Arwani, sebagai tokoh senior dapat menjadi ikon baru bersama pimpinan negara Asean lainnya untuk memperkuat posisi negara-negara kawasan di Asia Tenggara melalui Asean.

“Pengalaman dan jam terbang Doktor Mahathir Mohammad dapat menjadi kekuatan baru bagi Asean dalam diplomasi di kancah dunia internasional. Seperti dalam merespons persoalan yang terjadi di Palestina dengan rencana AS membuka keduataan besar di Yerusalem pada 11 Mei 2018 ini,” papar dia.

Pihaknya juga mendesak pemerintah untuk melakukan segala daya dan upaya untuk melakukan diplomasi sesuai prinsip bebas aktif dengan menggunakan berbagai instrumen yang dimiliki seperti kepesertaan Indonesia di Asean, Organisasi Kerjasama Islam (OKI), di Perserikatan Bangsa (PBB) untuk melakukan nota protes atas tindakan AS terkait dengan konflik yang terjadi antara Palesitna dan Israel.

“Tindakan AS akan memperunyam konflik yang telah berlangsung sejak lama ini,” imbuh Arwani yang juga Wakil Ketua Umum DPP PPP itu. (jaw)