Kontribusi Digital Content Even 2021 Dalam Mendukung Percepatan Ekonomi Digital Indonesia
IVOOX.id, Jakarta - Digital Content (DC) Event 2021 berperan sebagai wadah penting bagi para digital talent dari berbagai industri dalam mendukung percepatan perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Ekosistem digital saat ini tumbuh sangat menjanjikan dan semakin besar.
Digital Content (DC) Event menghadirkan jajaran pembicara nasional yang berkompetensi di bidangnya seperti, Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia), Setyanto Hantoro, (CEO Telkomsel), Revie Sylviana, Director (Entertainment Partnerships Indonesia/ Malaysia/ Pakistan/ South Korea, Facebook), dr Dion Haryadi (Health & Fitness Content Creator), Hendrick Tanuwidjaja (Mindfulness MBSR Teacher), Marshall Pandhiatama (Creative Director/ COO KelasKita), Neilmaldrin Noor (Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, Direktorat Jenderal Pajak), Martin Anugrah (Youtuber), Seno Adhi Damono (CEO On Us Asia), Nazla Alifa Senia (Kaca Kreatif), Trisna Anchali Kardia (Sales Director LINE Indonesia), Shella Arief (Influencer/Founder & CEO PT PT Tumbuh Jawara Natural (Tumbuh Lab), Yudist Ardhana (Content Creator), Medy Renaldy (Content Creator), Riz C. Romauli (Environment Enthusiast) dan masih banyak pembicara lainnya.
Mengusung tema “Content is The Doctor of Economy” penyelenggara turut berperan menjadi katalisator dalam akselerasi transformasi ekonomi digital di Indonesia. Percepatan transformasi ekonomi digital membutuhkan sokongan lebih banyak dari digital talent. Diperlukan sekitar 9 juta orang digital talent dalam waktu 15 tahun kedepan, maka butuh persiapaan dalam membangun ekosistem yang baik. Acara di buka oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Tema – tema yang akan di bahas Content Creator for All Industries Great Future In Digital, Edutech, Tourism In Our Perspective, Namaste, Healthy Mind, Healthy Body, Perpajakan Sosial Media Influencer Di Era Digital, How To Become An Influencer & Content Creator, Smart Influencer, Smart Brand & Smart Costumer, Big Data Analytics & Its Implication For Corporate Image, How To Stay Sober And Sustain On Making A Great Content At Home, Personal Branding vs Personal Image.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa, “Dengan pandemic yang terjadi saat ini sebagai proses digitalisasi bagi kita semua serta menjadikan momentum dan lompatan besar bagi kita semua. Dari layar kecil yang ada dalam genggaman kita merupakan digital content, content di layar dapat mempengaruhi mood seseorang. Content is king, millennial memasukan content sebagai kebutuban data yang sangat penting. Pentingnya peran antara influencer, content creator, dan big industry player menjadi kolaborasi ditengah tantangan saat ini yang berpengaruh dalam ekonomi digital. Kita harus bersama sama mengangakat content dengan semangar dan menjadi jawara dalam menghadapi pandemic saat ini. Sektor digital menjadi pandemic winner, tumbuh secara signifikan 40%, melalui inovasi dan kreativitas maka lahirlah para creator – creator terbaru.”
Pandemi sebagai peluang percepatan untuk digital ekonomi dalam menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru. Ekosistem ekonomi digital memiliki potensi yang sangat besar khususnya digital content tumbuh dengan cepat jika didukung oleh ekosistem yang kondusif. Jadi, seharusnya kita mendapatkan banyak peluang ke depan untuk menjadi bagian daripada kemajuan perekonomian digital dunia.
Direktur On Us Asia, Sri Rahayu mengatakan bahwa, “Melihat kesempatan dan potensi yang ada ekonomi digital dan hubungannya yang erat dengan digital content, On Us Asia dengan bangga mengajak Kementerian Parekraf dan kolabolator lainnya, yang memahami betul pentingnya untuk terus mengembangkan dan merawat potensi yang ada baik dari pengusaha kecil-menengah, content cerator influencer dan para wannabe’s.”
Penyelenggaraan DC 2021 berjalan selaras dengan fokus Pemerintah Republik Indonesia di tahun 2021 dalam hal ekonomi digital. Pasalnya, sumber daya ekonomi tidak lagi berasal dari sumber daya alam, tetapi manusia yang berpengetahuan, kompeten, dan terampil di era teknologi saat ini.
“Saya sangat menyambut baik dengan penyelenggaran DC event ini, karena ini bisa menjadi wadah positif bagi influencer, content creator, serta big industry player dapat menginspirasi masyarakat dan memanfaatkan peluang sehinga menajdi penyemangat kita untuk bangkit dan menjadikan agenda pembangunan kita”. Ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.
Sri Rahayu, Direktur On Us Asia menargetkan acara Digital Content (DC) 2021 akan menjadi sebuah kegiatan inovasi & kreasi berkelanjutan dalam memberdayakan berbagai digital talent di dalam industri ekonomi digital demi kemajuan manusia Indonesia serta sebagai wadah untuk pengembangan digital talent di Indonesia. Hari ini Digital Content (DC) 2021 yang akan dihadiri oleh sekitar 1000 peserta dari berbagai sektor industri digital talent. Dukungan untuk terus menggali potensi digital talent di Indonesia akan terus diberikan. Berdasarkan target ekonomi digital di Indonesia, potensi sumber digital talent di Indonesia harus dimaksimalkan.
0 comments