October 9, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

KCIC Operasikan 52 Jadwal Whoosh Sehari di Libur Lebaran

IVOOX.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator Whoosh menambahkan jadwal operasi Kereta Cepat Whoosh sebanyak 52 perjalanan dalam sehari. Hal tersebut untuk melayani para penumpang jelang libur Lebaran 2024.

Eva Chairunisa, Corporate Secretary PT KCIC, menyatakan, "KCIC menetapkan masa Angkutan Lebaran sejak 3 hingga 18 April 2024. Pada periode tersebut KCIC akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan. Totalnya sebanyak 52 perjalanan per hari dimulai dari tanggal 5 April 2024, telah disiapkan oleh KCIC untuk melayani penumpang di masa libur lebaran," tulisnya dalam keterangan resmi yang diterima IVOOX Senin (8/4/2024).

Dengan bertambahnya jadwal perjalanan, headway Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit.

Whoosh akan beroperasi mulai dari pukul 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim - Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar - Halim.

Hal ini memberikan penumpang lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya.

Penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) menuju Bandung dan Cimahi.

Tidak hanya itu, pelayanan Restorasi di atas KA juga mulai dioperasikan pada masa angkutan lebaran kali ini. Mulai tanggal 5 April 2024, penumpang Whoosh dapat menikmati layanan restorasi di Kereta Makan yang nyaman dan unik.

“Untuk menjaga keselamatan dan keamanan, KCIC mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari di stasiun, kereta, dan jalur lintas operasional Whoosh. Sebanyak 1.396 CCTV dipasang di sepanjang jalur kereta cepat dan stasiun sebagai bagian terintegrasi dalam sistem pengendalian operasi (OCC) untuk memastikan keamanan perjalanan Whoosh,” ucapnya.

Sebagai upaya meningkatkan layanan, sekitar 24 petugas tambahan akan difungsikan sebagai passenger service mobile di stasiun untuk membantu penumpang dengan informasi dan bantuan.

Selain itu, peningkatan layanan juga termasuk pembagian takjil gratis untuk penumpang pada jadwal tertentu, terutama yang mendekati waktu berbuka puasa.

Meskipun begitu, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy pada masa angkutan Lebaran ini. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket melalui saluran resmi yang tersedia.

Untuk memastikan kemudahan akses, KCIC telah berkoordinasi dengan operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya.

Layanan seperti LRT Jabodebek, Commuterline, dan Bus TransJakarta siap melayani seluruh penumpang Whoosh.

Peningkatan pelayanan Whoosh juga terus dilakukan dengan menghadirkan beragam tenant seperti minimarket, retail, serta kuliner seperti coffe shop dan restaurant di area tunggu penumpang.

Selain itu, KCIC sedang mengembangkan layanan tambahan seperti Contact Center dan Membership Program untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan Whoosh.

Dalam menghadapi momen libur Lebaran ini, KCIC berharap bahwa berbagai layanan tambahan yang disediakan dapat membuat perjalanan penumpang semakin nyaman dan aman.

Dengan peningkatan jadwal perjalanan, pelayanan, serta pengamanan yang optimal, diharapkan momen libur Lebaran dapat berjalan lancar bagi semua penumpang Whoosh.

0 comments

    Leave a Reply