Jokowi Minta Tarif Tol Diturunkan, Jasa Marga : Mau Diubah Bagaimana ?

IVOOX.id, Jakarta – Belakangan ini timbul opini tarif tol Rp 1.300/km untuk golongan satu saat ini dinilai mahal oleh sejumlah pihak. Merespon hal tersebut, Presiden Joko Widodo memerintahan agar tarif tol dapat diturunkan.  Namun Dirut Jasa Marga mengungkapkan Kalau yang sudah ada perjanjian, mau diubah bagaimana?

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Aryani mengatakan penurunan tarif tersebut sulit dilakukan di jalan tol yang sudah eksisting. Tarif baru per kilometer lebih mudah apabila diterapkan di ruas jalan tol yang baru akan beroperasi.

“Mungkin saja [penurunan tarif tol], untuk ruas yang belum ini kan bisa, kan masih banyak yang belum beroperasi. Kalau yang sudah ada perjanjian, mau diubah bagaimana?” jelasnya dikutip Kamis (22/3/2018).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah tengah mengkaji kebijakan penurunan tarif tol, salah satunya dengan memperpanjang konsesi kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Kami sudah diperintahkan presiden karena sudah dengar keluhan itu, hanya ada satu celah yaitu memperpanjang konsesi yang sekarang harganya Rp 1.300/km untuk golongan satu itu konsesinya sekitar 35-40 tahun. Kalau itu diperpanjang, mungkin bisa turun jadi di bawah Rp 1.000/km,” jelasnya di Gedung DPR, Rabu (21/3/2018).

Seperti kita ketahui, strategi ekonomi Jokowi adalah dengan gencar membangun infrastruktur. Sehingga dapat menciptakan efisiensi. Dengan tarif tol yang mahal ternyata belum maksimal dalam menciptakan efisiensi dalam transportasi.