JMA Syariah Jadi Saham Asuransi Syariah Pertama di BEI

IVOOX.id, Jakarta – Pada Senin (18/12/2017), PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk telah membuat pencapaian baru dalam sejarah perusahaan. Perseroan resmi melantai sebagai perusahaan asuransi syariah pertama di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham JMAS. 

JMAS telah menawarkan sebanyak  400.000.000 (empat ratus juta) saham biasa. Saham tersebut atas nama atau sebesar 40% (empat puluh persen) dari jumlah seluruh modal disetor perseroan setelah Penawaran Umum Perdana, yang merupakan saham baru dan dikeluarkan dari portepel Perseroan (“Saham Yang Ditawarkan”) dengan nilai nominal Rp 100,- (seratus Rupiah) setiap saham. 

“Adapun harga penawaran perdana saham adalah sebesr Rp140 yang diterima dengan baik sehingga menghasilkan kelebihan permintaan sebanyak 4 kali,” kata Ibrahim, Direktur Utama JMAS, di Jakarta, Senin (18/12/2017).

Dana yang diperoleh dari hasil Penawaran Umum Perdana Saham setelah dikurangi biaya-biaya emisi, kata dia, seluruhnya akan dipergunakan sebagai modal kerja Perseroan dan digunakan untuk penempatan instrumen surat berharga yang kurang dari 1 tahun.

Berikut adalah jadwal dan keterangan mengenai penawaran umum perdana saham perseroan:

Jenis Penawaran adalah Penawaran Umum Perdana Saham. Jumlah saham yang ditawarkan sebanyak  400.000.000 (empat ratus juta) juta) saham biasa atas nama yang berasal dari portepel atau sebanyak 40% (empat puluh persen) dari Modal Ditempatkan dan Disetor Penuh setelah Penawaran Umum Perdana. 

Nilai nominal Rp100 per saham. Harga Penawaran Rp 140 per saham. Nilai emisi saham Rp56 miliar. Book Building pada 22 November hingga 28 November 2017.

Perkiraan Pernyataan Efektif Dari OJK pada 11 Desember 2017, Masa penawaran pada 13 Desember 2017, penjatahan pada 14 Desember 2017,  Refund pada 15 Desember 2017, distribusi saham pada 15 Desember 2017 dan Pencatatan Saham di BEI pada Senin, 18 Desember 2017.

PT Asuransi Jiwa Syariah Jasa Mitra Abadi Tbk (JMA Syariah) adalah perusahaan asuransi jiwa syariah yang didirikan oleh KOSPIN JASA dan insan-insan pelaku ekonomi koperasi Indonesia. JMA Syariah berdiri pada tanggal 15 Agustus 2014. 

JMA Syariah juga telah mendapatkan pengesahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk beroperasi sebagai asuransi jiwa syariah pada September 2015. 

Tujuan didirikannya JMA Syariah untuk mengajak dan melayani masyarakat dalam mengelola keuangannya melalui kegiatan ekonomi syariah.  

JMA Syariah merupakan anak usaha dari Kospin JASA, yang merupakan koperasi terpecaya dengan dukungan jaringan hingga lebih dari 100 kantor layanan diseluruh Indonesia.

JMA Syariah, memiliki visi menjadi asuransi syariah kebanggaan masyarakat Indonesia. Untuk itu, JMA Syariah berkomitmen untuk menyediakan segala kebutuhan masyarakat dalam berasuransi, memberi kontribusi bagi industri asuransi syariah di Indonesia, dan memberi nilai manfaat yang lebih baik bagi seluruh stakeholder.

JMA Syariah hadir dengan memberikan produk-produk untuk individu umat seperti:

Asuransi Mikro JMA Salama 

Produk asuransi jiwa syariah mikro, berupa kartu mini, yang memberikan manfaat apabila peserta mengalami musibah (meninggal dunia) sesuai perjanjian.

Asuransi JMA Ilma

Program Asuransi yang memberikan manfaat beasiswa (dana pendidikan) kepada putra-putri anda sesuai dengan kebutuhan anda hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Asuransi JMA Asyifa 

Produk asuransi kesehatan individu yang memberikan penggantian biaya perawatan rawat inap di rumah sakit apabila peserta mengalami sakit pada periode asuransi. Penggantian yang diberikan sesuai dengan biaya perawatan, maksimal sebesar plan kamar yang diambil. 

Asuransi JMA Mumtaza 

Produk asuransi jiwa individu yang mengandung unsur tabungan dengan menyediakan pola tahapan pension yang disesuaikan dengan kebutuhan dana hari tua, serta memberikan manfaat kepada ahli waris apabila peserta ditakdirkan meninggal dunia atau cacat tetap total dalam periode pembayaran kontribusi dan meninggal dunia karena kecelakaan dalam periode asuransi.

Selain itu JMA Syariah juga memiliki produk kumpulan sebagai berikut:

JMA Amalia 

Produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat asuransi apabila peserta mengalami kecelakaan dalam periode asuransi.

JMA Mulia 

Produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat asuransi apabila peserta mengalami resiko (meninggal dunia) sesuai perjanjian asuransi dalam periode asuransi.

Asuransi JMA Sejahtera 

Program asuransi yang dirancang secara khusus dalam mempersiapkan dana pensiun/pesangon untuk karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Mitra Pembiayaan 

Produk asuransi yang memberikan manfaat pelunasan sisa pokok pembiayaan ketika peserta mengalami musibah meninggal dalam masa perjanjian.

JMA Pembiayaan Tetap 

Produk asuransi yang memberikan manfaat ketika peserta meninggal dalam masa perjanjian, sebesar manfaat asuransi awal/nilai pembiayaan yang diasuransikan

JMA Pembiayaan UMK 

Produk asuransi yang memberikan manfaat pelunasan sisa pokok pembiayaan ketika peserta mengalami musibah meninggal dalam masa perjanjian.

JMAS berterima kasih terhadap seluruh pihak yang telah membantu proses IPO ini. “Kiranya dengan listing di Bursa Efek Indonesia, JMAS dapat terus memberikan layanan terbaik untuk umat dan meningkatkan literasi keuangan syariah di Indonesia,” imbuh Ibrahim. (jaw)