Jelang Pilpres, Pemerintah Jamin Investasi Sektor Migas

IVOOX.id, Jakarta – Kementerian ESDM menjamin kepastian berinvestasi di sektor migas setelah pengumuman calon presiden dan wakil presiden yang akan berkontestasi pada Pemilihan Presiden 2019.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Jakarta, Jumat (10/8), mengatakan sejauh ini belum ada investor yang menyampaikan kekhawatiran terkait pelaksanaan Pemilu 2019. “Ke saya enggak ada,” katanya.

Arcandra juga memastikan semua keputusan dan kontrak yang telah ditandatangani oleh kontraktor menjadi pegangan yang sah.

Dengan demikian, keabsahan semua keputusan yang ada merupakan salah satu kepastian dalam berinvestasi di sektor migas. “Apa yang sudah kita putuskan dan kontrak yang telah ditandatangani itu artinya sudah ada kepastian. Itu saja yang kita pegang,” katanya, dikutip Antara.

Lebih lanjut, katanya, upaya yang dilakukan pemerintah diantaranya dalam memutuskan pengelolaan sejumlah blok migas terminasi dilakukan atas pertimbangan keekonomian, bukannya nasionalisasi untuk kepentingan Pemilu 2019.

“Perlu ditekankan apa yang kami lakukan itu bukan nasionalisasi, tapi berdasarkan rasionalitas,” katanya menyinggung keputusan alih kelola Blok Rokan kepada Pertamina pada akhir Juli lalu.