Jelang Asian Games, Monas Ditertibkan dan GBK Ditutup

IVOOX.id, Jakarta - Jelang Asian Games 2018 digelar, kawasan wisata Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat ditertibkan. Sementara itu, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat ditutup sementara

IVOOX.id, Jakarta –  Jelang Asian Games 2018 digelar,  kawasan wisata  Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat  ditertibkan. Sementara itu, Komplek Gelora Bung Karno, Senayan,  Jakarta Pusat ditutup sementara.

“Dalam waktu dekat, kami berencana untuk menertibkan PKL liar yang berjualan di kawasan Monas, supaya lebih tertib,” kata Kepala Satpol PP DKI Yani Wahyu Purwoko di Jakarta, Rabu (11/7).

Yani menegaskan penertiban dilaksanakan demi menjaga ketertiban, kenyamanan, serta keindahan selama berlangsung Asian Games 2018 di ibu kota.

“Seluruh PKL liar yang berjualan di kawasan Monas itu harus segara ditertibkan, mengingat sebentar lagi Kota Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Asian Games,” ujar Yani.

Selama ini, pihaknya sudah rutin melakukan pengawasan dan penjagaan terhadap kawasan wisata tersebut. Namun, para PKL liar itu kerap kembali lagi untuk berjualan. “Pengawasan rutin terus kami lakukan, terutama pada malam hari. Para PKL itu kembali lagi ke Monas untuk berjualan sekitar pukul 22.00 WIB atau saat tidak ada petugas yang mengawasi,” tutur dia.

Sebelumnya, Selasa (10/7) Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) resmi ditutup untuk umum. Hal itu terkait permintaan langsung panitia penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).

Permintaan itu dilayangkan ke Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) lewat surat bernomor 2664/SG/PP-INASGOC/VII/2018 yang ditandatangani Sekjen INASGOC Eris Herryanto pada 9 Juli 2018. “Menjelang penyelenggaraan Asian Games XVII Tahun 2018, aktivitas di area Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) semakin sibuk dan padat terkait dengan penyelenggaraan tersebut,” demikian tertulis dalam surat itu.

Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto menyebut penutupan GBK berlaku mulai Selasa ini.”Kawasannya mulai kita tutup hari ini, mulai kita tutup artinya terbatas untuk yang punya kepentingan saja,” katanya

Dia mengatakan nantinya hanya orang, kendaraan, dan barang yang memiliki keterkaitan dengan Asian Games 2018 yang diizinkan keluar-masuk GBK. Selain itu, Winarto menyampaikan akan ada penyiapan venue dan tata artistik di GBK menjelang Asian Games 2018.