EMITEN

Jasa Marga: Tol Manado-Bitung Km 14-39 Perlu Rp3,2 Triliun

iVooxid, Manado – Direktur Utama PT Jasa Marga (JSMR) Manado-Bitung, George Manurung mengatakan, penyelesaian pembangunan ruas jalan tol segmen II Kilometer 14-39 diperkirakan memerlukan biaya Rp3,2 triliun.

“Jadi ada dua segmen pengerjaan jalan tol Manado-Bitung, segmen I Kilometer 0-14 dikerjakan oleh pemerintah, sedangkan segmen II kami yang kerjakan,” kata George, di Manado, Selasa (2/8/2016).

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol itu, kata dia, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemprov Sulut, Dinas Pekerjaan Umum, dan Badan Pertanahan Nasional.

“Kami targetkan pada November atau Desember selesai pembebasan lahan. Kalau pun ada sekitar 70-80 persen lahan yang dibebaskan, konstruksinya sudah mulai dibangun,” ujarnya lagi.

Saat ini, ujarnya lagi, diperkirakan lahan yang sudah dibebaskan baru 1,5 persen, sehingga perlu dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan terkait dalam menyelesaikan pembebasan lahan itu.

“Pembangunan jalan tol lebih diarahkan pada pengembangan wilayah, contohnya di Pulau Jawa. Setelah jalan tol selesai dibangun, pengembangan wilayah bergerak dinamis mendorong pertumbuhan ekonomi,” katanya pula.

Target penyelesaian pembangunan setelah “ground breaking” akhir tahun ini selama 22-24 bulan, kata dia.

“Kami perkirakan pada tahun 2018 sudah bisa beroperasi. Ini akan mendukung kawasan Pelabuhan Bitung hingga kawasan ekonomi khusus. Mohon dukungan semua pemangku kepentingan,” katanya pula. (ant)

LEAVE A REPLY