Jasa Marga akan Operasikan Ruas Tol Sepanjang 235 Kilometer pada 2017

iVooxid, Jakarta – PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan mengoperasikan ruas tol baru sepanjang 235 kilometer pada 2017. Itu adalah bagian dari upaya percepatan pembangunan ruas tol baru sepanjang 1.000 km. “Hingga kini, kami telah mengoperasikan 593 km. Itu artinya telah mencaoai 61% dari total panjang ruas tol di indonesia,” ujar Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication JSMR di Jakarta, Minggu (18/12).

Dia mengatakan, pengoperasian ruas tol baru ini bertujuan untuk lebih mempersingkat waktu tempuh bagi para pengendara angkutan darat yang saat ini tingkat memiliki tingkat mobilitas yang semakin padat. Untuk memperlancar mobilitas para pengendara tersebut, maka JSMR akan membuka enam ruas tol baru, yaitu ruas tol Semarang-Solo (Bawen-Salatiga) sepanjang 17,50 kilometer (km) dan ruas tol Surabaya-Mojokerto (Sepanjang-Krian) sepanjang 15,50 km.

“Ruas tol Sepanjang-Krian berjarak 15,50 km tersebut merupakan ruas tol pelengkap bagi ruas tol yang sudah lebih dulu dioperasikan, yakni ruas tol Waru-Sepanjang dan Krian-Mojokerto. Karena itu, dengan beroperasinya ruas tol Sepanjang-Krian, maka ruas tol Surabaya-Mojokerto saat ini sudah beroperasi penuh,” papar Dwimawan.

Disamping itu, demikian Dwimawan, Jasa Marga juga mengoperasikan ruas tol baru Gempol-Pasuruan sepanjang 20,5 km, ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (Perbarakan-Sei Rampah) sepanjang 41,69 km, ruas tol Solo-Ngawi sepanjang 90,25 km dan Ngawi-Kertosono sepanjang 49,51 km.

Dwimawan mengungkapkan, Jasa Marga juga berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh proyek jalan tol yang sudah dimiliki hak konsesinya pada 2019. Itu sejalan dengan realisasi Jasa Marga untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional dengan membangun konektivitas antar wilayah demi mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkualitas.

Sedangkan untuk menanggulangi liburan akhir tahun ini, Jasa Marga kemungkinan akan membuka beberapa akses keluar-masuk jalan tol di beberapa titik rawan macet. Itu bertujuan agar pada puncak kepadatan yaitu satu hari sebelum malam tahun baru diharapkan warga yang hendak bepergian sudah sampai di tujuan.[abr]