Jamu City, Tottenham Harapkan Tuah Stadion Baru

 

IVOOX.id, London – Tottenham Hotspur mengharapkan tuah stadion baru mereka saat menjamu Manchester City di Stadion Tottenham Hotspur pada laga leg pertama perempat final Liga Champions, Rabu (10/4) dini hari WIB.

Spurs mengawali bertanding di stadion baru mereka dengan kemenangan atas Crystal Palace. Mereka akan berupaya mengamankan keuntungan pada leg pertama sebelum giliran bertandang ke markas City, Stadion Etihad di leg kedua pada 17 April mendatang.

Tottenham harus bersabar untuk bisa bertanding di stadion baru mereka. Dan setelah stadion yang menakjubkan itu selesai, mereka memulai kehidupan dengan menang 2-0 atas Crystal Palace di laga Liga Inggris tengah pekan lalu.

Selain membuat awal yang manis, kemenangan atas Palace menjadi tiga poin penting bagi Spurs. Mereka kembali ke posisi empat besar setelah melalui jalur yang yang sulit di papan atas klasemen Liga Inggris. Perhatian klub asal London itu kini beralih ke Liga Champions.

Tottenham membukukan tempat mereka di babak sistem gugur Liga Champions dengan finis pada posisi kedua Grup B di belakang Barcelona. Spurs bertemu Borussia Dortmund di babak 16 besar dan tidak menemui kesulitan menyingkirkan klub Bundesliga itu. Spurs unggul agregat 4-0 untuk melaju ke delapan besar.

Ini adalah penampilan pertama Spurs di perempat final Liga Champions sejak 2011. Saat itu mereka kalah dari Real Madrid. Laga kali ini juga akan menghadirkan pertemuan Eropa pertama antara Tottenham dengan City. Kedua klub itu tidak memiliki tradisi di kompetisi antar klub tertinggi Eropa seperti Manchester United, Liverpool, Chelsea dan Arsenal.

Selalu ada kemungkinan bahwa akan ada setidaknya satu pertandingan antara dua klub asal Inggris di perempat final Liga Champions musim ini. City mungkin adalah tim yang paling ingin dihindari. Tetapi Spurs akan berupaya membuat beberapa kenangan awal yang spesial di stadion baru.

Di sisi lain, City akan memberikan perlawanan serius bagi Spurs. Tim asuhan Pep Guardiola itu telah menang dalam 14 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Eric Dier, Serge Aurier dan Erik Lamela semuanya diperkirakan akan absen untuk Tottenham. Bagi City kekhawatiran cedera utama mereka adalah seputar kondisi Sergio Aguero. Pemain asal Argentina itu absen melawan Brighton, tetapi telah kembali berlatih sebelum bertemu Spurs.

Pertandingan kali ini merupakan pertemuan kompetitif ke-157 antara kedua tim. City memimpin head-to-head dengan 61 kemenangan, sementara Tottenham memiliki 60 dengan 35 pertandingan tersisa berakhir seri.

City telah menang pada masing-masing dari tiga pertemuan terakhir antara kedua belah pihak, termasuk kemenangan 1-0 di Wembley pada Liga Inggris awal musim ini. Kemenangan terakhir Tottenham atas City adalah pada Oktober 2016.

Salah satu pemain City yang patut diwaspadai Spurs adalah Raheem Sterling. Dia mencetak penalti kemenangan ketika mereka mempertahankan Piala Liga pada bulan Februari lalu.

19 gol dan 16 assist-nya untuk tim asuhan Guardiola telah membuatnya muncul sebagai kandidat utama City untuk penghargaan pemain terbaik tahun ini. Sementara kekeringan tiga tahun bagi Inggris dengan tegas diakhirinya lewat serangkaian enam gol dalam empat pertandingan internasional terakhirnya.

“Dia luar biasa,” ujar kapten Inggris Harry Kane, yang memiliki tantangan mengalahkan rekannya di timnas Inggris. “Dia adalah pemain hebat dan juga sangat rendah hati. Dia hanya ingin bekerja keras dan menjadi lebih baik,” sambungnya.

 

Perkiraan formasi kedua tim :

Tottenham 4-4-2

Lloris

Alderweireld, Sanchez, Vertonghen

Trippier, Sissoko, Eriksen, Alli, Rose

Son, Kane

 

Man City 4-3-3

Ederson

Danilo, Laporte, Otamendi, Mendy

Gundogan, Fernandinho, De Bruyne

Bernardo, Sterling, Aguero (luthfi ardi)