September 30, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Jadi Sejarah, Maskapai ini Bakal PHK 6.800 Karyawan

IVOOX.id, Amerika Serikat - Maskapai asal Amerika Serikat (AS) Southwest Airlines memperingatkan akan terjadi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 6.800 karyawan maskapai ini terancam kena PHK pada musim semi.

Jika PHK benar-benar terjadi, itu akan menjadi yang pertama dalam hampir 50 tahun sejarah maskapai itu. Totalnya termasuk 2.551 awak darat yang menangani bagasi, kargo, dan pesawat restocking, serta 1.176 agen layanan pelanggan, 1.500 pramugari, dan 1.221 pilot. Maskapai tersebut mengatakan pemotongan akan dilakukan pada 15 Maret atau 1 April untuk berbagai kelompok karyawan.

Maskapai penerbangan AS, termasuk Southwest, (LUV) menerima bantuan federal sebesar USD25 miliar awal tahun ini dengan syarat bahwa mereka tidak melembagakan pemutusan hubungan kerja hingga akhir September. United (UAL) dan American Airlines (AAL) memberhentikan 32.000 karyawan di antara mereka pada 1 Oktober, hari larangan tersebut berakhir.

Delta Air Lines (DAL) telah menghindari PHK karena karyawan melakukan pembelian sukarela dan tawaran pensiun dini, dan pilotnya setuju untuk mengubah kontrak mereka yang akan mengurangi biaya tenaga kerja. Tetapi sekitar 16.000 PHK lainnya telah dilembagakan atau direncanakan di seluruh industri penerbangan sebelum pengumuman Kamis dari Southwest.

Southwest biasanya menjadi salah satu maskapai penerbangan AS yang paling menguntungkan. Tetapi telah melaporkan kerugian sebesar USD2,75 miliar selama sembilan bulan pertama tahun ini, yang juga menempatkannya di jalur kerugian tahunan pertamanya.

Selama Thanksgiving, maskapai penerbangan AS mengalami minggu tersibuk sejak pertengahan Maret, ketika pandemi membuat perjalanan udara hampir berhenti. Tetapi United, Southwest, dan American telah memperingatkan investor bahwa mereka melihat penurunan baru dalam pemesanan karena kasus Covid-19 telah meningkat secara nasional, dan pakar kesehatan masyarakat telah mendesak orang untuk tidak bepergian selama liburan jika memungkinkan.

Southwest telah meminta 12 serikat pekerja yang mewakili 83% karyawannya yang berserikat untuk pemotongan gaji sekitar 10% untuk menghindari cuti. Maskapai tersebut mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan ahli meteorologi dan serikat operatornya.

Sebuah memo internal untuk karyawan mencatat bahwa maskapai terbuka untuk membayar perjanjian pemotongan dengan kelompok serikat lain yang akan menghindari 6.800 cuti yang membayangi pada tahun 2021.

Serikat pekerja utama Southwest dengan cepat menolak cuti yang direncanakan perusahaan dan mengatakan mereka akan terus berjuang untuk menyelamatkan pekerjaan.

"Meskipun perkembangan ini tidak sepenuhnya mengejutkan, namun sangat mengecewakan bagi pilot kami dan keluarga mereka. Serikat pekerja tetap berkomitmen untuk menemukan solusi yang akan menghalangi perusahaan mengambil langkah lebih jauh menuju cuti," kata Presiden Asosiasi Pilot Maskapai Southwest Kapten Jon Weaks.

Dia mengatakan bahwa serikat pilot telah melakukan beberapa penawaran yang memenuhi target tabungan perusahaan, namun perusahaan tidak memberikan penawaran balasan.

Simbol saham Southwest selalu LUV, untuk Bandara Love Field, yang merupakan pangkalan perusahaan di Dallas. Serikat Pekerja Transportasi, yang mewakili pramugari Southwest di antara karyawan lainnya, mengatakan pemberitahuan kepada karyawan dibuat Kamis sebagai "hari 'LUV' meninggal."

"Southwest Airlines memiliki sekitar USD15 miliar dalam bentuk tunai dan diperkirakan akan menjadi maskapai penerbangan pertama yang menghasilkan uang bagi pemegang sahamnya," kata ekonom maskapai dan penasihat TWU Dan Akins.

Serikat pekerja mengatakan bahwa mereka telah membuat proposal penghematan biaya tambahan, dan bahwa ribuan pramugari Southwest bersedia mengambil cuti tambahan yang tidak dibayar untuk menyelamatkan pekerjaan.

Asosiasi Persaudaraan Mekanik Pesawat mengatakan sedang mengajukan arbitrase untuk menghentikan cuti, yang dikatakannya adalah haknya berdasarkan kontrak karena Southwest telah melakukan outsourcing beberapa pekerjaan mekanis di maskapai penerbangan.

Beberapa serikat maskapai terus melobi Kongres untuk RUU stimulus yang mencakup pendanaan gaji untuk karyawan mereka. Tetapi meskipun ada dukungan bipartisan, sejauh ini tidak ada bantuan tambahan untuk industri yang disetujui oleh Kongres.

0 comments

    Leave a Reply