InJourney Siap Optimalkan Layanan Sambut Arus Mudik dan Libur Lebaran 2025 | iVoox Indonesia

March 17, 2025

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

InJourney Siap Optimalkan Layanan Sambut Arus Mudik dan Libur Lebaran 2025

IVOOX.id – Holding BUMN sektor Aviasi dan Pariwisata, InJourney, memastikan kesiapan optimal dalam menyambut arus mudik dan libur Lebaran 2025. Seluruh anak perusahaan di bawah InJourney Group telah menyiapkan berbagai program untuk memeriahkan Ramadan dan Idulfitri tahun ini, serta meningkatkan kualitas layanan bagi para pemudik.  

Direktur Utama InJourney, Maya Watono, menyatakan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik selama periode mudik Lebaran. 

“Menyambut arus mudik dan libur Lebaran ini, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Mulai dari sisi kebandarudaraan dengan memberikan pengalaman berkesan selama perjalanan mudik hingga pengalaman di destinasi pariwisata,” ujarnya, Kamis (6/3/2025). 

Sebagai bagian dari dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam menurunkan harga tiket pesawat, InJourney Airports memberikan potongan tarif sebesar 50 persen untuk layanan penumpang (PJP2U) serta biaya pendaratan dan parkir pesawat (PJP4U). 

"Potongan ini berlaku untuk pembelian tiket mulai 1 Maret hingga 7 April 2025, dengan periode perjalanan antara 24 Maret hingga 7 April 2025," kata Maya. 

InJourney Airports juga telah melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat selama musim mudik. Tahun ini, total pergerakan penumpang diprediksi mencapai 10,8 juta, meningkat 9,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. 

Pergerakan penumpang domestik diproyeksikan naik 9,24 persen, sedangkan pergerakan penumpang internasional diperkirakan meningkat 9,5 persen. Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 81.401, dengan pertumbuhan sebesar 5,10 persen dibandingkan 2024. 

Untuk memastikan kelancaran operasional, berbagai fasilitas pendukung telah disiapkan, termasuk 1.632 unit counter check-in, 222 unit self check-in, 17.508 unit trolley, 1.181 unit toilet, 246 musala, 185 unit conveyor belt, serta 40 unit golf cart. 

Selain itu, berbagai teknologi dan sistem manajemen bandara akan diterapkan selama periode mudik, seperti AOCC (Airport Operation Control Center), MOT (Manajemen Operasi Berbasis Traffic), Dedicated Cleaner, serta Leaders Hands On. 

Kesiapan ini juga mencakup proses perpindahan layanan maskapai Citilink dari Terminal 3 ke Terminal 1B di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, serta pengaturan slot waktu tambahan untuk penerbangan ekstra guna mengoptimalkan kapasitas bandara selama masa puncak mudik. 

Sebanyak 37 bandara yang dikelola oleh InJourney Airports akan beroperasi penuh selama 24 jam dalam periode 19 hari, mulai dari 24 Maret hingga 11 April 2025. Namun, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali akan ditutup pada 29 Maret 2025 untuk menghormati perayaan Nyepi. 

“Kami berharap seluruh bandara dapat memberikan pelayanan terbaik, sehingga masyarakat bisa melaksanakan mudik dengan nyaman. Semoga keseluruhan proses mudik Lebaran 2025 ini berjalan lancar,” kata Maya.

0 comments

    Leave a Reply