Imbang 2-2 dengan Donetsk, Lyon Tetap Puncaki Klasemen Grup F

 

IVOOX.id, Lyon – Olympique Lyon mencetak dua gol dalam kurun waktu tiga menit untuk mengimbangi Shakhtar Donetsk 2-2 dalam lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Rabu (3/10) dini hari WIB.

Gol-gol yang dicetak Moussa Dembele dan Leo Dubois pada menit 70 serta 72 mengubur keunggulan tim tamu yang sempat dimiliki Shakhtar lewat dwigol Junior Moraes.

Meski hanya memperoleh satu poin dari laga tersebut Lyon berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasemen sementara Grup F dengan raihan empat poin, sementara Shakhtar (2) di urutan ketiga.

Senyapnya tribun penonton stadion lantaran hukuman larangan penonton dari UEFA sebagai buntut kericuhan yang terjadi dalam laga Liga Europa melawan CSKA Moskow pada Maret lalu seolah turut tereplikasi ke atas lapangan di sebagian besar babak pertama.

Kesenyapan itu akhirnya dipecahkan oleh Moraes yang membuka keunggulan bagi tim tamu semenit jelang waktu normal babak pertama usai. Penyerang asal Brasil itu melepaskan tendangan sentuhan pertama menyambut umpan tarik kiriman Ismaily demi menaklukkan kiper Anthony Lopes di tiang dekat.

Babak kedua baru berlangsung tujuh menit ketika Houssem Aouar menyarangkan bola ke gawang Shakhtar, namun ia terlanjur berada dalam posisi offside dan gol dianulir.

Di tengah upaya kebangkitan Lyon, Shakhtar malah menggandakan keunggulan mereka ketika Alan Patrick melepaskan umpan yang berhasi diterima dan diselesaikan dengan tendangan melengkung ke sudut kanan gawang oleh Moraes pada menit 55.

Kerja keras Lyon akhirnya membuahkan hasil saat Dembele memenangi duel udara dan menanduk bola umpan silang yang dilepaskan Nabil Fekir pada menit 70 dan mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Hanya dua menit berselang, Lyon mencetak gol keduanya di laga tersebut ketika barisan pertahanan Shakhtar melakukan blunder dan membuat bola berhasil dibawa Aouar ke dalam kotak penalti sebelum disodorkan dan disambar dengan tendangan keras Dubois demi membuat kedudukan imbang 2-2.

Kedua tim kemudian terlibat saling serang di sisa waktu yang ada, namun baik gawang Lyon maupun Shakhtar tak lagi kemasukan bola hingga peluit tanda laga usai berbunyi. (luthfi ardi)