Ibunda Jokowi Berwisata ke Blitar, Ratusan Aparat Diturunkan

IVOOX.id, Blitar – Mengamankan perjalanan wisata ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo, ke Blitar, Jawa Timur, Sabtu-Minggu (14-15/4), 315 anggota kepolisian diterjunkan.

“Kami maksimalkan karena beliau itu ibu dari pimpinan negara. Walaupun sistem pengamanan bukan kategori VIP, kami melaksanakan kegiatan pengamanan karena menyangkut keluarga istana,” kata Kepala Bagian Operasional Polresta Blitar Kompol Sudiono di Blitar, Sabtu (14/4), diberitakan Antara.

Selain dari Polresta, tambah dia, pengamanan juga melibatkan satuan pengamanan lainnya misalnya dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar, Dinas Perhubungan Kota Blitar, serta dari Kodim 0808 Blitar. Untuk polri, pola pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Mereka ada yang mengenakan baju resmi serta pakain preman.

Ia mengatakan, sesuai dengan jadwal kegiatan kunjungan itu akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (14-15/4). Rombongan ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo itu akan melakukan perjalanan darat dari rumahnya di Solo ke Blitar.

Rombongan direncanakan tiba di Kota Blitar, pada Sabtu sore dan langsung menuju ke makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Rombongan awalnya akan transit di areal Perpustakaan Bung Karno, lalu ziarah.

Setelahnya, rombongan akan istirahat di salah satu hotel Kota Blitar. Kegiatan selanjutnya, yaitu di hari kedua, rombongan akan berkunjung ke lokasi rumah masa kecil Bung Karno di Istana Gebang, lokasi wisata Kampung Coklat di Kabupaten Blitar, lalu pulang ke Solo.