HSBC Menetapkan Struktur Baru Bagi Bank Swasta Eropa

IVOOX.id, London – HSBC (HSBA.L) mengumumkan pada hari Senin (16/4), akan menciptakan struktur regional tunggal untuk bank swasta di Eropa yang mencakup bisnisnya di Inggris, Channel Islands, Perancis, Jerman, Swiss dan Luksemburg.

Struktur baru, yang akan disebut HSBC Global Private Banking, EMEA, akan dipimpin oleh Chris Allen, yang telah ditunjuk sebagai kepala regional perbankan swasta global.

“Ini akan menciptakan bisnis perbankan swasta regional yang lebih terintegrasi, strategis dan posisi yang baik untuk memberikan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk HSBC Private Banking,” kata bank dalam sebuah pernyataan.

Langkah ini dilakukan menjelang pertemuan pemegang saham tahunan HSBC pada hari Jumat – yang pertama di bawah Ketua baru Mark Tucker, yang bergabung Oktober lalu, dan Chief Executive John Flint, yang bergabung pada bulan Februari.

Tucker, yang telah memelopori inisiatif untuk merampingkan dewan bank, dan Flint memberikan petunjuk pertama mereka tentang strategi apa yang akan mereka kejar pada presentasi analis awal bulan ini, yang menguraikan rencana untuk memotong birokrasi internal dan memperluas investasi di China.

Peran Allen saat ini sebagai CEO bank swasta HSBC di Inggris akan diambil oleh Charles Boulton, yang telah memegang sejumlah peran senior di bank, HSBC mengatakan.

Sementara itu, Franco Morra, CEO bank swasta HSBC di Swiss, akan meninggalkan bank dengan penggantian permanen untuk diputuskan dalam beberapa bulan mendatang. Christophe Guillemot, CFO perbankan swasta global, akan mengambil posisi itu untuk sementara.

Bisnis perbankan swasta global HSBC menyumbang lebih dari 3 persen dari pendapatan global bank yang disesuaikan pada tahun 2017, menurut laporan tahunan HSBC untuk tahun itu.[dra]