Halte Bus Pintar Pertama di Dunia Ini Diuji di Singapura

IVOOX.id – Singapura telah melakukan uji coba halte bis pintar pertama di dunia, hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan untuk para penumpang menunggu bis di depan Plaza Singapura, Senin (12/3/2018).

Disebut sebagai yang pertama di dunia, halte bis pintar yang berada di Singapura ini membantu untuk mengurangi polusi udara dan panas untuk memperbaiki lingkungan di halte bis tersebut.

Selain dilengkapi dengan teknologi pendinginan yang bisa menarik udara panas kemudian mendinginkannya hingga 24 derajat celcius, halte ini juga memiliki sistem pembersih udara untuk menyaring partikel udara yang berbahaya.

Dengan begitu para penumpang yang sedang menunggu bis akan merasakan kenyamanan, menurut teknisi Open Lab Gareth Tang, kondisi tersebut lebih baik daripada halte yang biasa berada di luar ruangan.

“Masih jauh lebih baik daripada halte yang berada di luar ruangan biasanya, Anda bisa mencium bau udara bersih dan tidak mencium asap knalpot bis,” ujar Gareth Tang.

Seperti dilansir dari Seasia.co, fitur lain dari halte bis adalah sensor yang bisa mendeteksi aktivitas mencurigakan di daerah halte sehingga tindak kejahatan pun bisa dicegah. Lalu juga ada panel interaktif yang menampilkan informasi terkini tentang keadaan lingkungan sekitar.

Dengan teknologi dan juga inovasi yang terdapat di halte bis tersebut, para penumpang pun semakin meningkat setiap harinya. Halte bis pintar ini akan diuji selama 12 bulan, yang kemudian akan lakukan pemeriksaan kembali untuk bisa diterapkan sepenuhnya.