November 28, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Ekonomi Internet Asia Tenggara Bernilai USD1 Triliun Pada 2030

IVOOX.id, Singapura - Ekonomi internet Asia Tenggara diproyeksikan mencapai satu triliun dolar AS pada tahun 2030, karena puluhan juta lebih orang berbelanja secara daring dan menerima layanan pesan-antar makanan, sebuah laporan industri mengatakan pada Kamis .

Alphabet Google, investor negara Singapura Temasek Holdings dan penasihat bisnis global Bain & Co mengatakan sektor ini telah menambah 60 juta pengguna internet baru sejak awal pandemi Virus Corona, sehingga total menjadi 440 juta.

Wilayah 11 negara itu adalah salah satu pasar Internet dengan pertumbuhan tercepat di dunia karena populasi muda, penggunaan telepon pintar, dan urbanisasi yang cepat, dan kelas menengah yang berkembang.

Industri daring untuk Asia Tenggara diproyeksikan tumbuh dari 174 miliar dolar AS dalam volume bisnis bruto (GMV) pada akhir tahun 2021 menjadi 360 miliar dolar AS pada tahun 2025 dan satu triliun dolar AS pada tahun 2030, terutama didorong oleh e-commerce dan pengiriman makanan. Didorong oleh pertumbuhan. Begitu konsumen terjebak di rumah beralih ke internet.

Laporan tersebut, yang mencakup Indonesia, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Filipina, menemukan bahwa GMV e-commerce diperkirakan akan meningkat hampir dua kali lipat menjadi 120 miliar dolar AS pada akhir tahun dan mencapai 234 miliar dolar AS pada tahun 2025.

Semua negara akan mengalami pertumbuhan dua digit pada tahun 2021, dengan Indonesia saja, negara terpadat di kawasan ini, menyumbang 40 persen atau 70 miliar dolar AS terhadap total GMV Asia Tenggara.

Filipina mengalami pertumbuhan sebesar 93 persen, menjadi ekonomi digital senilai 17 miliar dolar AS.

Partner dan Leader of Asia Pacific Digital Practice dari Bain Company, Florian Hoppe, mengatakan, “GMV (untuk Asia Tenggara) meningkat 49 persen tahun-ke-tahun, karena konsumen seismik dan ekosistem berubah dengan cepat, yang mengarah ke momentum untuk adopsi digital massal terus berlanjut.”(Antara)

0 comments

    Leave a Reply