October 7, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Ditengah Pademi Progres Proyek Pembangunan Kereta Cepat JKT-BDG Jalan Terus

IVOOX.id, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus melanjutkan pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di tengah pandemi COVID-19. Salah satu progres terbaru yaitu selesainya konstruksi portal beam yang melintang di atas ramp jalan tol Cikarang.

Selain pencapaian tersebut, Proyek KCJB melakukan proses instalasi box girder di Kawasan Casting Yard I yang merupakan lokasi produksi girder box terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 165.500 m2 pada Rabu (2/9).

Direktur Utama KCIC, Chandra Dwiputra menyebutkan proses instalasi ini merupakan langkah penting dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar seluruh trase dapat segera tersambung.

“Pier kereta cepat telah banyak berdiri kokoh dan siap untuk di rangkai. Proses instalasi ini menjadi fokus penting yang harus dilakukan dengan sebaik mungkin untuk memastikan seluruh trase segera tersambung. Proses pemasangan girder ini juga sangat efisien karena prosesnya dilakukan dengan alat launcher khusus tidak mengganggu lalu lintas di bawahnya, ini merupakan sesuatu yang baru dilakukan di Indonesia” ujar Chandra melalui keterangan tertulis, Rabu (2/9).

Dari sekitar 2.900 batang pier struktur elevated kereta cepat yang terbentang di sepanjang trase Jakarta-Bandung, hampir setengah di antaranya telah tuntas dikonstruksikan. Selain di Cikarang, proses instalasi girder ini juga dilakukan pada dua Casting Yard kereta cepat lainnya secara simultan, yakni di daerah Purwakarta dan Kabupaten Bandung.

Box girder Kereta Cepat telah siap di lokasi Casting Yard untuk segera dilakukan instalasi. Dari tempat produksinya, box girder Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan diantar oleh transporter untuk diinstalasi dengan menggunakan mesin lancer kereta cepat yang merupakan mesin launcher yang terbesar dan pertama di Indonesia.

Mesin launcher ini akan menginstalasi box girder yang akan memuat dua lintasan kereta cepat di atasnya. Dengan menggunakan mesin canggih tersebut, proses instalasi box girder akan berjalan dengan lebih efektif dan tidak akan mengganggu aktivitas lalu lintas yang ada di bawahnya.

“Tak hanya di Cikarang, instalasi girder telah dilakukan di Casting Yard #2 yang berlokasi di area Karawang dan besok hari Kamis di Casting Yard di Kota Bandung. Dengan produktivitas alat launcher dalam memasang girder sangat tinggi, di mana sehari satu alat launcher bisa memasang 1-3 box girder, seluruh pier dapat terangkai dengan segera,” ungkap Chandra.

Dalam hal ini, KCIC selaku pemilik proyek kerap menekankan pada para kontraktor pelaksana proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk melaksanakan proses instalasi dengan tetap memperhatikan aspek K3 di sekitar lokasi proyek.

Kegiatan instalasi ini juga didampingi oleh PT Jasa Marga (Persero), Kementerian PUPR dan PJR untuk memastikan prosesnya berjalan dengan aman dan lancar.

0 comments

    Leave a Reply