Dibantai City 6-0, Posisi Sarri di Chelsea Terancam

 

IVOOX.id, Manchester – Maurizio Sarri mengakui pekerjaannya sebagai pelatih Chelsea berada dalam ancaman. Hal itu diungkapnya setelah Manchester City mencetak gol empat kali dalam waktu 25 menit pertama untuk mengalahkan “The Blues” 6-0, Senin (11/2) dini hari WIB.

Sergio Aguero mencetak hattrick ketika City melompati Liverpool lagi ke posisi teratas klasemen Liga Inggris dengan unggul selisih gol. Di sisi lain, Chelsea turun ke urutan keenam usai kekalahan yang membuat masa depan Sarri tetap di kursi pelatih “The Blues”, diragukan.

“Saya tidak tahu. Anda harus bertanya kepada klub,” ujar pelatih asal Italia itu ketika ditanya apakah dia khawatir dipecat hanya delapan bulan usai menandatangani kontrak tiga tahun di Stamford Bridge.

Dipermalukan City menjadi kekalahan terburuk Chelsea di Liga Inggris sejak 1991.  Tim asuhan Sarri tak mampu pulih usai kebobolan cepat lewat gol pembuka Raheem Sterling di menit keempat.

Meski Chelsea kalah telak, pelatih City Pep Guardiola mendesak manajamen klub Chelsea tidak langsung memutus hubungan dengan Sarri.

“Tahun pertama saya juga sulit. Dalam beberapa momen kami bermain bagus tetapi tidak konsisten. Orang-orang mengharapkan pelatih baru, membeli pemain dan itu terjadi segera,” ujar Guardiola.

Liverpool masih memiliki satu pertandingan lebih sedikit dibanding City. Tertahannya tim asuhan Jurgen Klopp saat melawan Leicester dan West Ham dalam beberapa pekan terakhir, membuat City bertekad untuk menjadi tim pertama dalam satu dekade mampu mempertahankan gelar Liga Inggris.

Guardiola kecewa ketika tembakan Aguero melebar dengan peluangnya yang paling mudah saat kedudukan 1-0. Tapi dia tidak perlu khawatir kehilangan ketajaman striker itu setelah pemain asal Argentina tersebut menebus kesalahan dengan menjaringkan gol kedua City pada menit ke-13. “Saya katakan padanya jangan lakukan itu lagi dan reaksinya menjadi lebih baik,” jelas Guardiola.

Aguero memiliki tugas sederhana untuk menjadikan kedudukan menjadi 3-0 enam menit kemudian. Tembakan Ilkay Gundogan dari tepi area penalti tak mampu ditahan penjaga gawang termahal dunia, Kepa Arrizabalaga untuk menambah kesulitan Chelsea.

Aguero menyelesaikan hattrick-nya dari titik penalti untuk bergerak sejajar dengan pemain Liverpool Mohamed Salah sebagai pencetak gol terbanyak Liga Premier, mengoleksi 17 gol musim ini.

Bahkan setelah Aguero ditarik, City tetap kuat dengan Gabriel Jesus, Riyad Mahrez dan David Silva datang dari bangku cadangan. Silva berperan dalam gol keenam City yang dicetak Sterling 10 menit jelang laga usai. (luthfi ardi)