Butuh Uang Cepat? Simak 15 Cara Mendapatkan Uang dengan Mudah dan Cepat

IVOOX.id, Jakarta – Banyak orang menghadapi situasi membutuhkan uang tunai dengan cepat. Bila dana darurat tidak memadai, kamu bisa menimbang cara mendapatkan uang dengan cepat berikut ini.

Dilansir melalui situs Halomoney, Banyak dari kita yang seringkali dihadapkan pada kondisi darurat yang membutuhkan kehadiran uang tunai segera. Kondisi butuh uang cepat itu bisa berwujud, kendaraan tiba-tiba butuh perawatan, sakit mendadak, rumah bocor atau kebanjiran, dan lain sebagainya.

Idealnya, keuangan pribadi yang sehat selalu memiliki pos dana darurat yang diarahkan untuk menutup berbagai kebutuhan uang cepat seperti itu. Akan tetapi, faktanya, masih banyak rumahtangga yang belum memiliki kecukupan dana darurat. Kondisi ini sebenarnya cukup berisiko. Soalnya, banyak orang yang akhirnya ambil jalan pintas menutup kebutuhan dana darurat dengan berutang.

Utang berupa dana cepat umumnya dipatok bunga yang mahal. Alhasil, kesehatan keuangan pribadi bisa terancam stabilitasnya. Di Amerika Serikat, menurut survei yang digelar oleh Federal Reserve seperti dikutip oleh NerdWallet, terungkap fakta bahwa 44% responden survei mengaku harus menjual barang atau aset mereka bahkan harus berutang untuk menutup pengeluaran darurat berkisar US$400.

Bagaimana di Indonesia? Belum ada survei yang memotret kecukupan dana darurat masyarakat menghadapi pengeluaran darurat. Dalam kamus perencanaan keuangan yang baik, setiap pribadi perlu memiliki kecukupan dana darurat minimal 3-6 kali nilai pengeluaran bulanan. Jadi, semisal pengeluaran bulanan kamu sekitar Rp4 juta, dana darurat yang perlu kamu siapkan berkisar Rp12 juta.

Butuh kedisiplinan untuk bisa membangun kecukupan dana darurat. Namun, sementara ikhtiar memiliki dana darurat terus berjalan, ada beberapa ide cara mendapatkan uang yang cepat bagi kamu yang membutuhkan dana tunai segera. Lihat di sini:

Cara mendapatkan uang cepat hari ini juga

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang lebih sekarang juga, antara lain:

1. Jual ponsel lama

Punya ponsel lebih dari satu? Saat kamu butuh uang, mengapa tidak mencoba menjual ponsel lama kamu yang layak jual? Menjual barang bekas seperti ponsel termasuk cara mendapatkan uang dengan cepat tanpa perlu berutang. Kamu bisa menawarkannya di berbagai e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Olx, dan lain sebagainya.

Bila ingin lebih cepat, kamu bisa tawarkan ke toko ponsel yang dekat dengan domisili kamu. Penurunan harga ponsel memang cukup dalam tapi untuk beberapa merek seperti iPhone atau Samsung, harganya tidak terlalu jatuh selama kondisinya memang msih cukup bagus. Penurunan harga 40%-50% itu hal yang masih wajar. Yang terpenting kamu bisa mendapatkan uang tanpa harus berutang. Iya, kan?

2. Jual baju tak terpakai

Banyak orang senang membeli baju hanya karena suka atau senang, padahal, ya, enggak butuh-butuh amat. Apakah kamu juga begitu? Bila iya, di lemari kamu pasti banyak baju-baju yang tidak terpakai atau belum kamu pakai. Saat kamu mendadak butuh uang cepat, kamu bisa mengkapitalisasi baju kamu yang belum terpakai dengan menjualnya.

Saat ini banyak marketplace khusus barang bekas atau preloved. Seperti Tinkerlust yang mendedikasikan diri sebagai marketplace barang bekas di Indonesia. Untuk barang yang belum pernah dipakai sama sekali, tentu saja harganya bisa lebih mahal.

3. Jual hadiah yang belum digunakan

Dikasi hadiah masak dijual lagi? Ya, daripada menumpuk di rumah dan tidak menjadi apa-apa, akan lebih baik barang yang menumpuk tersebut diarahkan supaya lebih bermanfaat. Kamu mungkin pernah mendapatkan hadiah berupa barang yang sama atau sejenis, misalnya saat ulangtahun beberapa teman kamu memberi hadiah tas yang mungkin tidak terlalu kamu gemari style-nya.

Daripada menumpuk di lemari tak terpakai, kamu bisa jual saja ke pasar barang preloved. Lumayan, kan, yang tadinya hanya menumpuk saja di lemari bisa kamu ubah menjadi uang.

4. Sewakan kendaraan kamu

Punya mobil tapi hanya nongkrong di garasi saja karena kamu lebih sering naik Commuterline? Coba kamu tawarkan pada rental mobil terdekat untuk disewa. Ini bisa membantu kamu mendapatkan uang dengan mengkapitalisasi aset yang menganggur di rumah.

Cara lain adalah, sewakan pada driver online untuk mereka gunakan mencari order. Ini bisa mobil ataupun motor. Tentu saja kamu perlu mencari partner driver yang benar-benar dapat kamu percaya untuk menghindari upaya penipuan.

5. Tawarkan jasa menjadi sopir

Kamu sering naik mobil sendirian sepulang dari kantor? Mengapa tidak memanfaatkannya menjadi sumber penghasilan dengan membuka jasa nebeng? Memang, sih, saat ini agak susah langsung mendaftar jadi driver taxi online, tapi kamu tetap bisa, kok, melakukannya tanpa aplikasi. Ajak saja teman sekantor atau satu gedung yang searah dan katakan kamu tidak memasang tarif khusus untuk mengangkut mereka.

Bagaimanapun penumpang yang kamu angkut pasti akan paham untuk menyumbang sekadar biaya bensin atau tarif tol.

6. Tawarkan jasa menjadi guide turis

Ini juga bisa kamu lakukan dengan modal bahasa asing cas cis cus. Kamu bisa mendatangi lokasi yang sering didatangi oleh turis asing dan mulailah mencari calon klien yang potensial. Menjadi pemandu turis bisa membuka peluang kamu mendapatkan uang halal secara cepat.

7. Gadaikan barang berharga

Kamu punya gadget mahal atau simpanan emas batangan? Atau, mungkin perhiasan yang cukup berharga bila dijual. Kamu bisa menjadikannya cara mendapatkan uang dengan cepat dengan cara menggadaikan. Tentu saja kamu perlu menghitung apakah langkah ini cukup ekonomis?

Bila malah mahal dan membebani keuangan, lebih baik kamu langsung jual saja barang berharga tersebut untuk mendapatkan uang cepat.

8. Ajukan pinjaman lunak ke kerabat

Cara mendapatkan uang secara cepat berikutnya yang bisa kamu coba adalah ajukan pinjaman lunak ke kerabat, teman atau saudara. Pinjaman lunak maksudnya, tanpa kutipan bunga. Tentu untuk keperluan ini akan sangat bergantung pada keikhlasan kerabat kamu dalam memberikan pinjaman juga ketersediaan dana.

Namun, untuk menjamin urusan utang piutang tersebut tidak akan melukai hubungan baik kamu dan kerabat, kamu bisa menjadikannya formal seperti pinjaman pada umumnya yaitu dengan surat perjanjian hitam di atas putih lengkap dengan tanda tangan dan materai. Sebagai peminjam kamu juga harus berkomitmen untuk tidak melanggar apa yang sudah menjadi kesepakatan.

9. Monetisasi blog atau youtube

Kamu suka menulis di blog atau senang membagi berbagai jenis tips menarik melalui Youtube? Cobalah untuk memonetisasi blog atau channel youtube kamu, Moneysavers. Kamu bisa mendapatkan uang yang lumayan dari sini bila blog kamu banyak penggemar dan channel youtube mendapat banyak langganan.

10. Pinjam dari diri sendiri

Cara mendapatkan uang cepat berikutnya adalah meminjam dari diri sendiri. Maksudnya bagaimana, ya? Anggaplah selama ini setiap mendapatkan penghasilan kamu sudah disiplin membagi ke dalam beberapa pos yaitu pos kebutuhan rutin, pos pembayaran cicilan dan pos menabung baik itu menabung dana darurat atau menabung di produk investasi.

Kamu bisa memakai terlebih dulu sebagian uang jatah tabungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan uang tunai kamu. Karena ini pinjaman, maka kamu harus memastikan bulan berikutnya kamu membayar pinjaman tersebut dengan menabung lebih banyak sejumlah dana yang sudah kamu pinjam dari rekening sendiri.

11. Tarik tunai kartu kredit

Cara mendapatkan uang cepat ini memang agak berisiko. Tarik tunai kartu kredit memungkinkan kamu mendapatkan dana tunai saat itu juga melalui mesin ATM memakai kartu kredit, tapi kamu perlu ingat, dana dari langkah tarik tunai kartu kredit ini adalah pinjaman berbiaya mahal. Selain beban bunga bila kamu tak langsung melunasinya kelak saat tagihan datang, saat penarikan kamu juga langsung dikenakan biaya tarik tunai di depan.

12. Sewakan kamar menganggur di rumah

Ada aplikasi AirBnB yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan kamar tak terpakai kamu di rumah. Dengan memanfaatkan kamar tak terpakai tersebut kamu bisa mendapatkan uang dengan cukup mudah. Tentu kamu perlu melakukan beberapa upaya supaya para pelanggan yang datang bisa senang. Misalnya, memastikan kamar yang kamu sewakan selalu bersih, ketersediaan toilet atau kamar mandi yang memadai, dan lain sebagainya.

13. Jadi babysitter sementara

Cara ini banyak ditempuh di luar negeri yaitu dengan menjadi asisten rumahtangga atau babysitter dadakan alias infal. Lumayan, lho, tarifnya bisa lebih tinggi daripada tarif biasa. Babysitter infal banyak dicari saat musim mudik lebaran. Kamu bisa mendapatkan uang cepat dengan menjadi babysitter atau pengasuh anak sementara.

Tentu kamu perlu memastikan bahwa kamu akan bekerja dengan baik karena menjadi pengasuh anak artinya kamu bertanggungjawab menjaga anak seseorang.

14. Ajukan pinjaman lunak dari pemberi kerja

Kamu bisa mencoba meminjam uang dari pemberi kerja dengan pinjaman lunak tanpa bunga. Misalnya, tanggal gajian kamu adalah tanggal 25 tiap bulan. Kebetulan kamu sangat membutuhkan uang di tanggal sebelum gajian, katakan tanggal 15 bulan itu. Kamu bisa mengajukan pada pemberi kerja untuk mengambil sebagian gaji lebih cepat. Sehingga saat nanti kamu digaji tanggal 25, kamu hanya mendapatkan sebagian gaji yang tersisa.

Cara ini relatif lebih aman karena kamu terhindari dari pinjaman yang berbunga. Soalnya, pada prakteknya kamu meminjam uang gaji kamu sendiri.

15. Ajukan kredit tanpa agunan yang cepat

Sudah kehabisan barang untuk dijual atau dimonetisasi? Kamu bisa menimbang mengajukan pinjaman tanpa agunan yang menawarkan proses cepat. Di pasar ada pinjaman tanpa agunan yang bisa diproses dalam waktu tak lebih dari 3 hari saja.

Namun, kamu perlu ingat, biaya pinjaman tanpa agunan biasanya mahal. Jadi, bila belum kepepet, cara ini tidak terlalu direkomendasikan.