BRI Ajari Milenial Soal Investasi

IVOOX.id, Jakarta — Untuk mengedukasi dan meningkatkan literasi asuransi dan investasi kepada generasi muda atau milenial, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk menggelar Bancassurance Expo 2019 Literation & Finance Days.

Kegiatan selama Rabu (20/3)-Jumat (22/3) di Kantor Pusat BRI, Jakarta, itu diharapkan mampu menggugah kesadaran para milenial akan pentingnya memiliki investasi atau mulai menyiapkan masa depan dengan berinvestasi.

“Kalau bicara soal investasi, anak muda itu selalu berpikir kenapa sih ngomong masa depan. Kami justru ingin menyampaikan kepada mereka bahwa betul kita harus having fun untuk menjalani hidup, tetapi kita juga harus membuat rencana untuk ke depan,” kata Direktur Konsumer BRI, Handayani, Jumat (22/3).

Direktur Utama Danareksa Sekuritas, Budi Susanto, membeberkan bahwa tren menabung saham pada Desember 2018 mengalami peningkatan sebesar 116%. Menurut dia, peningkatan setinggi itu karena kini tren menabung saham dianggap sesuatu yang menarik bagi para milenial.

“Kalau belum melek saham itu belum asyik, belum mengikuti perkembangan zaman now,” ujar Budi.

Akan tetapi, menurut Budi, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan milenial, yakni menentukan besaran dana, waktu, dan memilih saham dari perusahaan dengan keuangan yang stabil.

Deputi Direktur Pengawasan Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Haryono Halim, mengungkapkan kegiatan Bancassurance Expo 2019 sangat penting untuk mendukung upaya OJK dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap literasi keuangan.

Berdasarkan survei yang dilakukan OJK pada 2016 terdapat 67,8% penduduk menggunakan produk dan layanan keuangan. Namun, hanya 29,7% anggota masyarakat yang mampu atau paham literasi keuangan.

“Menurut pandangan kami literasi ini sangat penting sekali dan bagus. OJK memang mewajibkan,” ungkap Haryono.

Dia menilai, langkah paling mudah untuk mencegah kemungkinan menjadi korban dari beragam tawaran investasi ialah membudayakan literasi kepada masyarakat. (Adhi Teguh)