Bayern Munchen Menuju Perubahan dengan Generasi Baru

 

IVOOX.id, Berlin – Kesuksesan ketujuh berturut-turut Bayern Munich merebut gelar Bundesliga, Minggu (19/5) dini hari WIB, menandai akhir era emas dan menuju era baru. Bayern memastikan gelar Bundesliga setelah unggul 5-1 atas Eintracht Frankfurt. Pasukan Niko Kovac itu unggul dua poin dari pesaing terdekatnya Borussia Dortmund yang menang 2-0 atas Borussia Munchengladbach.

Dua pemain senior ang akan meninggalkan Bayern, Franck Ribery dan Arjen Robben masing-masing mencetak satu gol. Sedangkan tiga gol lainnya masing-masing diciptakan Kingsley Coman, David Alaba dan Renato Sanchez. Satu-satunya gol Frankfurt diciptakan Sebastian Haller.

Gelar juara Bundesliga musim 2018-2019 menandai satu dekade kesuksesan yang gemilang bagi Bayern. Torehan kali ini menjadi perpisahan bagi pemain andalan dan ikon Bayern, seperti Ribery dan Robben. Keduanya menjadi bagian dari tim juara pada musim terakhir mereka di klub.

Namun itu juga menandai munculnya generasi baru di bawah pelatih Niko Kovac. Pemain seperti Leon Goretzka dan Serge Gnabry memantapkan diri mereka sebagai andalan tetap di tim utama.

Ketika mereka melihat ke depan untuk musim depan, Bayern tidak hanya berada di ambang pergeseran generasi. Tapi juga menjadi baggian dari apa yang disebut presiden klub Uli Hoeness sebagai program investasi terbesar dalam sejarah Bayern.

Klub telah menyelesaikan penandatanganan kontrak dengan bek Prancis yang memenangkan Piala Dunia, Benjamin Pavard dan Lucas Hernandez. Pavard direkrut dengan transfer 35 juta euro sementara Hernandez bergabung melalui transfer 80 juta euro.

Striker RB Leipzig Timo Werner, pemain belakang Ajax Matthijs De Ligt, dan kiper Schalke Alexander Nuebel semuanya juga telah dikaitkan dengan klub dalam beberapa bulan terakhir.

Meskipun Hoeness mengatakan pada hari Sabtu bahwa Bayern tidak akan memecahkan rekor transfer lagi, mereka diharapkan tetap merekrut beberapa pemain baru. CEO klub Karl-Heinz Rummenigge mengarahkan pandangannya pada pemain sayap baru.

“Karena kami kehilangan Robben dan Ribery, kami membutuhkan alternatif lain yang baik untuk bermain bersama Alphonso Davies (18 tahun asal Kanada),” ujar Rummenigge kepada surat kabar Bild bulan lalu.

Alternatif itu bisa jadi adalah pemain muda Chelsea Callum Hudson-Odoi. Dia gagal direkrut Bayern Januari lalu. Meski demikian, pemain pengganti pilihan pertama untuk Ribery dan Robben adalah Kingsley Coman yang berusia 22 tahun dan Serge Gnabry yang berusia 23 tahun. Penampilan keduanya digambarkan Hoeness sebagai kejutan terbesar musim ini.

Beberapa pemain muda lain juga muncul musim ini. Niklas Suele, 23, telah terlihat bisa menggantikan Mats Hummels dan Jerome Boateng untuk menjadi bek tengah pilihan pertama. Sementara Thomas Mueller telah menghadapi persaingan dari pendatang baru Leon Goretzka. (luthfi ardi)