Bank Mandiri Akui Incar Akuisisi Beberapa Lembaga Keuangan Tahun Ini

IVOOX.id, Jakarta – PT Bank Mandiri Persero Tbk membenarkan sedang mengincar beberapa lembaga keuangan termasuk perbankan untuk diakuisisi pada tahun ini.

“Terdapat beberapa lembaga keuangan yang saat ini menjadi target akusisi perseroan, di mana salah satunya adalah bank,” kata Senior Vice President Bank Mandiri, Teddy Y Danas, dalam keterbukaan informasi Bank Mandiri yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (13/3).

Teddy mengatakan akuisisi dilakukan untuk mengekspansi bisnis, dan mencapai target menjadi perusahaan yang memiliki portofolio lengkap produk dan jasa keuangan (one stop financial services). Perseroan juga ingin menjadi konglomerasi keuangan terkemuka di Asia Tenggara.

“Perseroan senantiasa membuka membuka peluang ekspansi bisnis untuk merealisasikan aspirasi menjadi ‘one stop financial services’ yang terkemuka di Asia Tenggara. Salah satu penjajakan ekspansi bisnis tersebut antara lain dengan melakukan akuisisi secara langsung dan tidak langsung,” ujar dia, dikutip Antara.

Teddy menambahkan karena masih dalam tahap kajian, perseroan belum bisa memberikan keterangan rinci proses akuisisi.

Perseroan berjanji akan menyampaikan keterbukaan informasi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pada kesempatan sebelumnya, di awal tahun ini, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo sudah mengemukakan perseroan memiliki modal sekitar Rp 30 triliun untuk aksi korporasi, termasuk akuisisi.

Mandiri kabarnya ingin mengakuisisi bank menengah yang memiliki segmen bisnis yang baik di bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).