Bang Sandi: Alhamdulillah, Pak Jokowi Akui Program DP 0 Persen

Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno saat sarapan di Dapur M’riah milik KH Mahfudz Sobari yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Pendidikan dan Perguruan Agama Islam Riyadlul Jannah di Jalan Raya Ponti Sidoarjo, Sabtu (6/10/2018).(ANTARA News/ Dokumen Tim SSU)

IVOOX.id, Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menyambut positif terkait rencana pemerintah menyiapkan rumah dengan skema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI dan Polri. 

“Baguslah buat saya, bagus berarti itu dia (pemerintah) lihat data yang sama yang kita pake di DKI kan kita pakai skala nasional,” katanya, Kamis (8/11/2018).

Lanjutnya, ia pun mengaku tengah menggodok sistem yang sama untuk diterapkan secara nasional.

“Apa yang kita lihat di DKI bahwa tuntutan masyarakat untuk mendapatkan perumahan dengan harga terjangkau dengan cicilan dan DP yang tidak memberatkan itu juga di perlukan di seluruh wilayah Indonesia terutama di kantong-kantong tertentu ya,” jelasnya.

Menurutnya, DP 0 rupiah merupakan kebijakan yang berpihak ke rakyat. Sambungnya, oleh karena itu pihaknya serius untuk menerapkan kebijakan tersebut.

“Jadi ini juga yang nanti kami juga melihat sebagai salah satu yang akan menjadi perhatian karena temen-temen polisi, temen-temen militer ini kan TNI, temen-temen polisi udah berjuang mempertaruhkan nyawanya, jadi mereka juga layak mendapatkan perumahan dengan harga terjangkau,” terangnya.

Selain itu, ia menceritakan ketika menjabat Wagub DKI, kebijakan DP 0 kerap dikritik oleh sejumlah pihak maupun media. Namun, kini programnya dilirik oleh Presiden Joko Widodo.

“Sekarang alhamdulillah Pak Jokowi mengakui dan saya salah satu dari penggagas ini bersama Pak Anies dan tim sebetulnya. Pasti akan sangat setuju kalau ini dibawa ke level nasional. Asal pembiayaannya dilakukan dengan penuh kehati-hatian,” pungkasnya.