May 17, 2024

Update Terbaru virus covid-19
Indonesia

Memuat...

Dunia

Memuat...

Bandara Sepinggan Balikpapan Raih Penghargaan Pelayanan Prima

iVooxid, Balikpapan - Bandara Sepinggan Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur kembali meraih penghargaan Pelayanan Prima Utama 2016 dari Kementerian Perhubungan untuk kedua kali sejak 2014.

Menurut General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sepinggan Pujiono, di Balikpapan, Selasa (20/9/2016), penghargaan tersebut adalah satu langkah pengingat untuk target masuk dalam ranking 10 besar terbaik dunia.

"Pada tahun 2014 dari ranking 30 lebih, kami sudah berhasil mencapai ranking 16. Tahun ini kita usahakan bisa masuk 10 besar," kata Pujiono.

Dia menjelaskan, ukuran pelayanan bandara adalah kepuasan konsumen.

Kepuasan itu diukur dari kesan yang dialami masyarakat pengguna selama yang bersangkutan berada di bandara, mulai dari masuk hingga keluar. Sedemikian rupa dilakukan dan dibuat konsumen senang dengan pelayanan yang diberikan di bandara.

"Target kami konsumen mesti mendapatkan kesan 'wow'," kata Pujiono.

Dia menyatakan, kesan itu antara lain toilet harus bersih dan banyak, sehingga tidak ada antrean panjang bila penumpang yang baru datang semua harus ke toilet.

Begitupula loket layanan setiap maskapai penerbangan juga harus banyak dengan sistem kerja selalu berinovasi dengan fokus pelayanan yang cepat, katanya lagi.

"Angkutan umum masuk dan keluar bandara mesti bebas dari calo. Para petugas juga mesti ramah dan banyak senyum," ujarnya.

Penghargaan kepada Bandara Sepinggan diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantor Kemenhub Jakarta kepada GM Pujiono.

Penilaian pelayanan prima diadakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2003, dan diikuti oleh 156 unit pelayanan publik sektor transportasi.

Penghargaan terdiri dari tiga kategori, penerima penghargaan dalam kategori Prima Utama sebanyak 40 unit, kategori Prima Madya sebanyak 54 unit, dan kategori Prima Pratama sebanyak 23 unit.

Penghargaan Pelayanan Prima 2016 diberikan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh tim penilai selama Juni-Agustus 2016.

Terdapat sembilan kriteria penilaian yang dilakukan, yaitu visi dan misi serta moto pelayanan, standar pelayanan dan maklumat pelayanan, sistem mekanisme prosedur, sumber daya manusia, sarana dan prasarana pelayanan, penanganan pengaduan, survei kepuasan masyarakat, sistem informasi pelayanan publik, dan produktivitas dalam pencapaian target pelayanan.

"Angkasa Pura I memiliki empat bandara yang memperoleh penghargaan itu, yaitu Bandara Ngurah Rai Denpasar, Sepinggan, Djuanda Surabaya dan Sam Ratulangi Manado," ujar Pujianto lagi. (ant)

0 comments

    Leave a Reply