Bagi Anda Penderita Anemia,Ada 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasinya

IVOOX.id, jakarta – Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah bisa menyebabkan kondisi yang disebut anemia. Hemoglobin sendiri digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Untuk meningkatkan jumlah darah merah, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja? Berikut adalah lima makanan penambah darah yang bisa mengatasi anemia.

1. Daging
Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

2. Sayuran
Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

3. Buah-buahan
Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga menambahkan zat besi ke tubuh Anda.

4. Kacang Almond
Beberapa jenis kacang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.

5. Roti, Havermut, dan Sereal
Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

Sangat enak dan bermanfaat bukan makanan-makanan penambah darah tersebut? Kamu juga bisa mendapatkan makanan-makanan tersebut dengan mudah dan mencampurnya dengan bahan makanan lain sesuai dengan selera dan kreasimu! Dijamin kalau kamu rutin memakan makanan tersebut, kamu akan merasa lebih sehat dan segar untuk menjalani aktifitas sehari-harimu! Ayo dicoba dan jadi lebih sehat! ( Adhi Teguh )

LEAVE A REPLY