Arti Ferrari Bagi Bos Totalindo, Donald Sihombing

IVOOX.id, Jakarta – Woow…punya Ferrari! Tapi mobil mewah itu tak lebih dari hiburan sesekali bagi Donald Sihombing, yang sejak dua dekade lalu membangun bisnis properti dan kini berkembang pesat di bawah bendera PT Totalindo Eka Persada.

Ia terkadang menghabiskan waktu 20 jam sehari untuk Totalindo, perusahaan di belakang sejumlah resort mewah di Bali dan properti mewah lainnya seperti Jakarta Four Seasons.

Saham perusahaannya melonjak lebih dari 1.200 persen sejak go public Juni tahun lalu, terbaik ketiga dari seluruh emiten yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

Sihombing, 61, memiliki sebagian besar perusahaan secara langsung dan melalui perusahaan induk memberinya kekayaan senilai USD 1,5 miliar, menurut data Bloomberg Billionaires Index. Perusahaan ini dikenal untuk beberapa bangunan paling mewah di Indonesia, termasuk Four Seasons serta Mulia Hotel di Bali.

“Didukung oleh peningkatan pendapatan dan laba, Totalindo mendapatkan kontrak baru yang bagus dari pemerintah dibandingkan perusahaan selevel”, kata Ike Widiawati, analis dari PT Oso Securities.

Tapi miliarder baru pemilik Ferrari 458 Spider tersebut sedikit keberatan ketika diminta untuk berkomentar tentang kekayaan bersihnya. Ia justru meminta sorotan diarahkan kepada 2.000 karyawannya.

“Impian saya akan terpenuhi jika saya bisa memastikan kesejahteraan karyawan saya,” katanya dalam sebuah wawancara. “Saya tidak lagi menginginkan apa pun.”

Sihombing, yang masih setia dengan jam tangan Citizen senilai USD145 dan lebih senang mengendarai BMW seri 5 seri berusia lima tahun, mengaku istrinya yang meminta agar dia membeli Ferrari, yang kemudian hanya ia kendarai sekali dalam tiga bulan.

Mobil Ferrari itu, akunya, hanya untuk memuaskan hasratnya terhadap mobil balap, sebelum dia mampu membeli.(Bloomberg)