September 20, 2019

Emiten PT Garuda Indonesia Tbk

Angkasa Pura: Terminal 3 Siap Beroperasi 9 Agustus

Semua penerbangan domestik Garuda Indonesia akan dipindahkan ke terminal dengan kapasitas 25 juta penumpang tersebut.

iVooxid, Jakarta - PT Angkasa Pura II menyatakan Terminal 3 tahap satu Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sudah siap beroperasi mulai Selasa (9/8/2016) pukul 00.01 WIB.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo pada konferensi pers di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (3/8/2016) mengatakan, seluruh penerbangan domestik Garuda Indonesia akan dipindahkan ke terminal berkapasitas 25 juta orang tersebut.

"Pelaksanaan Terminal 3 khususnya penumpang akan ditangani oleh Garuda Indonesia. Seluruh penerbangan Garuda Indonesia tujuan domestik mulai tanggal 9 pindah di Terminal 3," katanya.

Djoko mengatakan pengoperasian terminal baru ini didasarkan pada surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016 tertanggal 2 Agustus 2016 yang menyatakan Terminal 3 dapat dioperasikan setelah melalui evaluasi simulasi pelayanan.

Pihak Angkasa Pura II juga mulai menyosialisasikan perpindahan penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 pada Kamis pagi melalui pemanfaatan taksi bandara dan bus pemandu moda.

"Kami akan meminta taksi bandara paling tidak keliling depan Terminal 3 sebelum kembali ke terminal mengangkut penumpang," ujar Djoko.

Selain itu, bus angkutan bandara juga diminta melewati Terminal 3 setelah mengangkut penumpang dari Terminal 1 dan 2 sehingga penumpang yang telah kembali ke Jakarta mengetahui lokasi dan penampilan terminal baru ini.

Perbedaan pada Terminal 3 salah satunya memiliki daerah publik terbatas pada "check in" area yang memperbolehkan nonpenumpang masuk dengan kewajiban menjalani pemeriksaan keamanan.

Sementara itu, Garuda Indonesia sebagai maskapai nasional yang mendapat kesempatan perdana untuk menempati terminal berdesain futuristik, ini berharap perpindahan terminal meningkatkan daya saing terhadap maskapai lain.

"Buat Garuda Indonesia tentunya spesial karena yang menikmati pertama terminal mewah. Harapannya perpindahan ke Terminal 3 ini meningkatkan daya saing bagi Garuda," kata Direktur Layanan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Nicodemus Panurung Lampe.

Adapun pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor GA 654 tujuan Jayapura menjadi penerbangan domestik pertama yang lepas landas di Terminal 3 dan disusul GA 648 tujuan Ternate pukul 01.40 WIB. (ant)

0 comments

    Leave a Reply