Anggota Watimpres Yahya Staquf Jadi Pembicara Di Forum Israel

IVOOX.ID, Jakarta – Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ualam (PBNU), Yahya Cholil Staquf, menjadi pembicara dalam acara American Jewish Committee (AJC) Global Forum, Minggu 10 Juni 2018, di Yerusalem, menjadi polemik di Tanah Air.

Sebagaimana diketahui, kunjungan Gus Yahya ke Yerusalem menuai kecaman, terutama dari para pembela perjuangan Palestina. Kecaman ini terkait situasi di mana Israel sedang melakukan serangan terhadap demonstrans Palestina di Jalur Gaza.

Ketua MUI Ma’ruf Amin mengatakan, kunjungan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) itu tidak mendapatkan dukungan dari MUI. Termasuk juga dari PBNU sendiri.

“Masalah Cholil itu tidak ada kaitannya dengan MUI. Jangankan dengan MUI, dengan PBNU saja tidak. Karena itu kita tidak memberikan, mendukung oleh saudara Yahya Staquf,” tutur Maruf Amin di Kantor MUI,  Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/6/2018).

Jika keberangkatan Gus Yahya terkait diplomasi Palestina, Ma’ruf menegaskan, dirinya berharap upaya diplomasi terkait palestina tetap dilakukan Kementerian Luar Negeri secara resmi.

“Apakah itu memperlancar upaya-upaya Kemenlu dalam rangka mengupayakan perdamaian dengan tetap menjaga agar Palestine menjadi negara yang merdeka, berdaulat, atau justru mengganggu. Nanti akan dilihat. Tetapi sebenarnya diplomasi yang kita inginkan tetap melalui Kemenlu secara resmi,” tegas Ma’ruf.

LEAVE A REPLY