Alex Rins Optimistis Jelang MotoGP Prancis

 

IVOOX.id, Le Mans – Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins percaya diri menghadapi MotoGP Prancis setelah meraih hasil positif di dua balapan terakhir. Rins mengaku tetap membumi men jelang MotoGP Prancis.

Podium pertama dan kedua di MotoGP Amerika Serikat dan GP Spanyol mengantarkan Rins menempati peringkat kedua di klasemen sementara pembalap. Pembalap berusia 23 tahun itu kini mengoleksi 69 poin, hanya terpaut satu angka dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang memuncaki klasemen.

Penampilan Rins sejauh ini cukup menjanjikan. Meski selalu kesulitan di sesi kualifikasi, tapi dia selalu bisa melesat saat balapan digelar. Dari empat balapan, posisi lima menjadi hasil paling rendah yang ia dapatkan.

Selanjutnya, Rins akan membalap di Sirkuit Le Mans dalam MotoGP Prancis pada Minggu (19/5) nanti. “Hasil terbaru sangat positif, tetapi kami akan tetap membumi dan tidak terbawa arus. Kami harus tetap pada cara kami yaitu meningkatkan dari balapan ke balapan,” kata Rins, seperti dilansir Crash.

“Kami tahu Le Mans bisa menjadi sirkuit yang sulit bagi kami karena ini trek jenis stop and go [mengerem keras lalu akselerasi dengan cepat], tetapi pada saat yang sama, perkembangan yang kami lakukan dengan motor dibandingkan tahun lalu dan peningkatan pengalaman saya bisa menjadi dua faktor penting untuk balapan yang bagus di Prancis.”

“Kami tahu poin-poin yang perlu kami upayakan untuk terus berkembang, salah satunya di kualifikasi. Kami harus sadar kami punya motor yang kompetitif dan perlu menjaga tren positif ini untuk menempatkan diri kami di posisi teratas,” sambungnya.

Rasa percaya diri juga didengungkan pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales menyambut MotoGP Prancis. Beberapa kali dapat hasil oke di Le Mans, Vinales yakin bisa bersaing di depan. Setelah gagal di tiga balapan awal, Vinales akhirnya meraih podium pada balapan keempat dengan finis di posisi ketiga di MotoGP Spanyol lalu.

Vinales pertama kali naik podium di MotoGP pada balapan di Le Mans tahun 2016 bersama Suzuki. Pada 2017, Vinales yang sudah memperkuat Yamaha tampil sebagai juara MotoGP Prancis. “Dapat posisi ketiga di Jerez adalah suntikan kepercayaan diri, tentu saja, jadi saya merasa positif,” ujar Vinales seperti dilansir Crash.

“Le Mans adalah sirkuit yang benar-benar saya sukai dan juga trek di mana saya dapat beberapa hasil terbaik dalam karier saya. Jadi, bagi saya, itu adalah trek untuk kembali ke puncak. Saya benar-benar suka balapan di sana. Saya cuma berharap cuacanya akan membantu kami karena, kalau tidak, Le Mans adalah trek yang sangat berat. Di Austin kami cukup cepat di trek basah, jadi kita lihat saja nanti. Saya penasaran apa yang bisa kami lakukan di sana,” katanya.

Baru satu kali naik podium dari empat balapan, Vinales masih tertahan di peringkat enam klasemen pebalap dengan 30 poin. Ia tertinggal 40 angka dari Marquez. (luthfi ardi)