85.650 Guru Akan Pensiun Pada 2022

IVOOX.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan sebanyak 85.650 guru akan pensiun pada 2022.

Presiden Joko Widodo (tengah) berjabat tangan dengan guru penerima penghargaan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia, di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018)- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

IVOOX.id, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan sebanyak 85.650 guru akan pensiun pada 2022.

“Puncaknya pada 2022, sebanyak 85.650 guru akan pensiun yang mana sebagian besar adalah guru Sekolah Dasar (SD),” ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi PhD, di Jakarta, Selasa (12/3), seperti dilansir Antara.

Untuk itu pihak Kemendikbud akan melakukan perekrutan secara bertahap untuk mengantisipasi kekurangan guru tersebut. Tidak hanya sekedar perekrutan, tetapi juga mempertimbangkan guru yang ada di lapangan.

Didik menjelaskan perekrutan guru mempertimbangkan tiga hal yakni memenuhi kekurangan guru, memenuhi kebutuhan guru karena bertambahnya akses pembangunan dan untuk memenuhi guru yang pensiun.

Perekrutan guru tersebut dilakukan secara bertahap. Selain itu juga dilakukan perekrutan 7.600 guru honorer kategori K2.

Kemendikbud mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) untuk mekanisme perekrutannya.

“kami akan berkoordinasi terus dengan KemenPAN RB agar nanti yang pensiun tahun 2022 ini nanti bisa dipenuhi,” katanya.