5 Sumber Kalsium Terbaik selain Susu

IVOOX/id, Jakarta – Susu identik sebagai sumber kalsium terbaik untuk tubuh. Namun selain susu, kamu juga bisa menemukan beberapa sumber kalsium terbaik untuk tubuh.

Asupan kalsium yang mencukupi dapat membantu membangun tulang dan gigi yang lebih kuat.

Dilansir dari Medical Daily, berikut beberapa sumber kalsium terbaik untuk tubuh.

1. Sayuran berdaun

Banyak sayuran dipenuhi dengan kalsium, terutama sayuran hijau yang gelap. Satu cangkir sayuran collard hijau seperti brokoli dan kubis bisa memberikan 268 mg kalsium.

Brokoli dapat memberikan 180 miligram kalsium yang merupakan 18 persen dari asupan harian yang disarankan. Sayur kale dengan ukuran porsi yang sama juga bisa memberikan sekitar 94 miligram nutrisi kalsium.

Brokoli. (iStock)
Brokoli. (iStock)

2. Tahu

Selain sebagai sumber protein vegan terbaik, setengah cangkir tahu dapat memberikan 861 mg kalsium. Terbuat dari kacang kedelai, tahu juga rendah kalori dan bebas gluten.

Salah satu studi menyatakan konsumsi rutin makanan kedelai akan berguna untuk kesehatan tulang yang optimal.

Tahu (primarasa)
Tahu (primarasa)

3. Seafood

Sarden dapat memberi nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, vitamin D dan kalsium untuk tubuh. Dengan porsi tiga ons saja, kamu telah mengonsumsi hingga 370 miligram kalsium.

Salmon adalah alternatif sumber kalsium lain dengan jumlah kalsium yang sama dalam porsi enam ons. Salmon kaleng juga dikatakan mengandung sedikit lebih banyak kalsium daripada salmon segar.

Ikan/pexels
Ikan. (Pexels)

4. Jeruk

”Satu jeruk memiliki lebih dari 70 miligram kalsium. Ini berarti kamu telah memenuhi 6% asupan kalsium harian dan juga kandungan vitamin C,” kata Frida Harju-Westman, ahli gizi di Lifesum.

Namun pastikan agar kamu mengonsumsi jeruk dalam bentuk buah.

jeruk (PxHere)
jeruk (PxHere)

5. Almond

Almond juga masuk sebagai penghasil kalsium terbaik untuk tubuh. Selain memberikan dosis protein yang sehat, vitamin E, potasium, magnesium dan mangan, almond juga mengandung jumlah kalsium tertinggi dibandingkan dengan kacang lainnya.

Almond/unsplash
Almond. (Unsplash)

Satu ons almond (sekitar 22 kacang) dapat memberikan 8 persen asupan kalsium harian yang direkomendasikan.

Selain susu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan-makanan di atas untuk memenuhi asupan kalsium tubuh.