Satgas Mengawasi, Parpol dan Kader Diminta Hindari Politik Uang

IVOOX.id, Makassar – Partai politik dan kadernya yang mencalonkan diri dalam pilkada diingatkan tak coba-coba lakukan politik uang, karena Satuan Tugas Anti-politik Uang yang telah dibentuk memiliki mata dan telinga di mana-mana sehingga akan fokus mengawasi segala praktik politik tidak terpuji itu.

Demikian diingatkan Wakil Ketua KPK, Laode Muhammad Syarif, di Makassar, Senin (16/4), seperti dilansir Antara. “KPK dengan polisi dan kejaksaan, sudah bentuk satgas khusus untuk politik uang, kami kerjakan bersama dan sekarang punya mata dan telinga di mana-mana karena polisi memang sudah ada di setiap daerah di Tanah Air,” katanya.

Untuk potensi terjadi politik uang, kata dia, memang begitu besar. KPK juga melihat banyak sumber potensi yang bisa menyebabkan praktek itu dapat terjadi ke depan.

Maka dari ini, dia meminta partai politik yang begitu memiliki peran besar dalam setiap pemilihan agar dapat memerintahkan kepada kader dan pendukungnya tidak melakukan politik uang.

Pasangan calon juga diminta untuk dapat berkompetisi secara jujur serta tidak melakukan iming-iming hadiah atau uang yang justru mencederai demokrasi.

Selain itu, KPK juga meminta kepda penyelenggara pemilu baik itu KPU, Panwaslu untuk betul-betul bersikap adil, jujur, dan tidak memihak kepada salah satu calon.