2017, Volume Angkutan Batu Bara Pelita Samudera Tumbuh 31 Persen

IVOOX.id, Jakarta – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berhasil membukukan volume jasa angkutan batu bara sebanyak 30,4 juta ton pada 2017, tumbuh sekitar 31% dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 23,24 juta ton.

Jasa angkutan batu bara yang dilaksanakan perseroan terdiri dari jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang (tug dan barge) sebanyak 9,8 juta ton dan layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) sebanyak 20,6 juta ton.

Dalam siaran pers di Jakarta, Imelda Agustina Klagoes, mengungkapkan, jika dibandingkan dengan realisasi pada 2016 sebanyak 6,49 juta ton, maka jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan mengalami pertumbuhan 51%.

Bahkan, angka tersebut juga masih lebih tinggi 49% dibandingkan target jasa angkutan batu bara yang dilayani oleh kapal tunda dan kapal tongkang perseroan, yaitu sebanyak 6,58 juta ton.

Sementara itu, demikian Imelda, jika dibandingkan dengan realisasi 2016 sebanyak 16,75 juta ton, maka layanan jasa fasilitas muatan apung (floating loading facility) perseroan tersebut meningkat 23%. Bahkan, lebih tinggi 30% dibanding target sebelumnya sebanyak 15,85 juta ton.

Imelda mengungkapkan, peningkatan volume jasa angkutan batu bara PSSI pada 2017 tersebut mendorong pendapatannya naik 34% dibandingkan pada 2016. Itu adalah usaha keras perseroan yang selalu melakukan efisiensi biaya, terutama biaya teknis, yang sudah mulai dilaksanakan sejak 2015.

Adapun efisiensi biaya teknis yang dilakukan perseroan meliputi pemantauan ketat terhadap penggunaan bahan bakar dan minyak diesel.

Karena itu, menurut Imelda, tingginya utilisasi armada kapal perseroan ditambah dengan penambahan berbagai kapal baru ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan volume dan pendapatan perseroan yang lebih tinggi pada 2018.[abr]