10 Manfaat Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

IVOOX.id, Jakarta – Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair sedang menjadi bahan pembicaraan banyak khalayak dikarenakan tingginya minat masyarakat akan jenis pinjaman yang satu ini. Kelebihan utama dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair adalah tidak adanya jaminan atau aset yang perlu kamu siapkan untuk dapat mengajukan pinjaman sehingga proses bisa lebih cepat dikarenakan tidak adanya proses penaksiran aset.

Kredit Tanpa Agunan merupakan jenis pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang diberikan oleh bank, baik itu bank swasta maupun bank milik pemerintah. Sedangkan pinjaman online merupakan jenis pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang diberikan oleh perusahaan fintech P2P lending. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi kali ini kita tidak membahas tentang poin plus minusnya tetapi manfaat dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair tersebut. 

Manfaat Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

Tidak seperti jenis pinjaman lainnya yang hanya bisa dipergunakan untuk keperluan tertentu, pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair ini sifatnya sangat fleksibel sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan apa saja. Berikut beberapa manfaat dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair, yaitu:

  1. Biaya Berobat di Rumah Sakit

Hampir sebagian besar orang yang mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair akan mempergunakan dana pinjamannya untuk keperluan biaya berobat di rumah sakit, baik itu operasi hingga rawat inap. Ketika diri kita sedang sakit atau ada anggota keluarga yang sakit tapi tidak memiliki asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan, atau ada pengobatan yang tidak bisa dicover dengan keduanya, maka salah satu jalan supaya bisa mendapatkan pengobatan secepatnya adalah dengan meminjam dana untuk membayar biaya berobat di rumah sakit. Berhubung pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair ini dananya bisa didapat pada hari itu juga atau paling lambat 7 hari kerja, maka jenis pinjaman ini sangat diandalkan pada situasi darurat seperti pada saat kekurangan biaya berobat di rumah sakit.

  1. Perbaikan Kendaraan

Ada kalanya kita mengalami resiko yang tak diduga sebelumnya. Misalkan saja terkena kecelakaan yang mengakibatkan kendaraan milikmu mengalami kerusakan sehingga harus masuk bengkel. Di Indonesia, masih sedikit orang yang memiliki asuransi kendaraan sehingga ketika terjadi resiko seperti ini, mau tak mau kita harus mengeluarkan dana dari tabungan untuk memperbaiki kendaraan yang rusak. Tapi kalau dana tabungan tidak ada, maka pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair menjadi solusinya.

  1. Biaya Pernikahan

Manfaat selanjutnya dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair adalah bisa digunakan untuk tambahan biaya pernikahan. Rata-rata masyarakat Indonesia, baik itu di perkotaan maupun di daerah membutuhkan dana untuk menggelar pesta pernikahan antara Rp50 juta sampai Rp100 juta jika diadakan di rumah. Tetapi jika diadakan di gedung atau aula bisa menghabiskan dana lebih dari Rp100 juta. Perlu kamu ketahui kalau kita harus membayar uang muka untuk beberapa keperluan terlebih dahulu seperti sewa gedung, katering, baju pengantin, dan lain sebagainya. Besarnya biaya pernikahan yang dibutuhkan ini membuat para pasangan memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair untuk tambahan biaya pernikahan.

  1. Renovasi Rumah

Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair juga paling sering dipergunakan untuk merenovasi rumah. Beberapa orang yang merenovasi rumah bisa karena ingin suasana rumah yang berbeda, ingin memperluas ruangan dengan meningkat rumah, atau memang karena rumah sudah rusak karena sudah termakan usia atau rusak karena terkena bencana alam. Rata-rata biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah berkisar mulai dari puluhan hingga ratusan juta. Dana ini tergolong cukup besar mengingat bahan-bahan bangunan semakin mahal setiap tahunnya.

  1. Modal Usaha

Tidak selamanya orang yang akan membuka usaha akan mengajukan pinjaman modal usaha melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat). Ada beberapa ketentuan-ketentuan dalam KUR yang dirasa cukup ribet dan merepotkan sehingga banyak calon pengusaha yang memilih untuk mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang syaratnya tidak ribet. Belum lagi dalam KUR, dana pinjaman yang diberikan sangat terbatas jumlahnya. Sedangkan dalam pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair, maksimum plafon pinjaman bisa mencapai ratusan juta lebih.

  1. Biaya Sekolah

Semakin tinggi jenjang pendidikan, maka semakin besar biaya pendidikan yang dibutuhkan. Tak sedikit orang yang memanfaatkan pinjaman tanpa jaminan langsung cair untuk keperluan membayar biaya sekolah, baik itu untuk biaya sekolah diri sendiri maupun biaya sekolah anak seperti membayar uang gedung, daftar ulang, hingga biaya semesteran. Pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair sudah pasti dipilih karena proses pencairannya sangat cepat sehingga kamu bisa dengan segera membayar biaya sekolah dengan menggunakan dana tersebut tanpa perlu menunda-nunda. 

  1. Membeli Kendaraan

Membeli kendaraan secara mencicil tidak hanya bisa dilakukan dengan kredit kendaraan bermotor (KKB), tapi bisa juga dengan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair. Kelebihan jenis pinjaman ini dibandingkan KKB adalah proses pencairannya sangat cepat sehingga bagi kamu yang butuh kendaraan baru dalam jangka waktu dekat, maka kamu bisa memilih untuk mengajukan pinjaman ini. Ditambah lagi, jika kamu ingin membeli kendaraan bekas atau second, maka kamu tak perlu repot menyediakan berkas-berkas seperti BPKB dan lain sebagainya untuk mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair.

  1. Membeli Gadget

Banyak orang yang memanfaatkan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair untuk keperluan membeli gadget atau peralatan elektronik seperti handphone, laptop, kamera, televisi, dan lain sebagainya. Meski tergolong dalam hutang konsumtif, sebenarnya hal ini sah-sah saja dilakukan asalkan kamu memiliki budget lebih setiap bulannya yang bisa disisihkan untuk membayar cicilan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair. Tapi lebih bagus lagi kalau saat mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair, kamu tidak memiliki cicilan pinjaman lain.

  1. Biaya Liburan

Seperti yang sudah dikatakan di atas, meski kredit tanpa agunan akan kamu manfaatkan untuk hutang konsumtif, tapi jika kamu memperhitungkan dengan benar, hutang konsumtif tersebut sah-sah saja dilakukan. Salah satu hutang konsumtif lainnya adalah mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair untuk biaya liburan. Hal ini memang sangat tidak disarankan karena kamu pastinya tidak ingin kepikiran hutang saat sedang liburan. Tapi jika kamu menggunakan dana tersebut untuk membeli tiket pesawat atau memesan hotel dari jauh-jauh hari sebelum waktu liburan tiba, maka hal ini bisa kamu lakukan. Tapi pastikan kalau cicilan sudah dilunasi sebelum hari keberangkatan liburan.

  1. Menutup Hutang Kartu Kredit

Manfaat terakhir dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair yang banyak dilakukan orang adalah untuk menutup hutang kartu kredit. Terkadang ada orang yang terlilit hutang kartu kredit atau tanggal pembayaran cicilan sudah jatuh tempo sehingga terpaksa harus mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair. Menutup hutang dengan hutang yang lain memang tidak dianjurkan oleh banyak pakar keuangan. Tetapi jika kamu dalam keadaan sangat terpaksa, pastikan kalau bunga dari pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair ini lebih ringan dari bunga kartu kredit milikmu.

Tidak peduli untuk apa kamu akan memanfaatkan pinjaman dana tanpa jaminan langsung cair, tapi pastinya sebelum mengajukan, selalu pikirkan dengan matang dan lakukan perhitungkan supaya nantinya kamu bisa membayar cicilan secara tepat waktu hingga lunas. Semoga artikel di atas bisa berguna untukmu!